Kasus COVID-19 Sulsel Bertambah 533 Orang
ILUSTRASI/UNSPLASH

Bagikan:

MAKASSAR - Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Sulawesi Selatan merilis kasus harian COVID-19 di wilayah ini kian meningkat. Per Selasa, 13 Juni, kasus baru mencapai 533 orang terkonfirmasi positif COVID-19.

Ratusan orang positif COVID-19 ini berasal dari pemeriksaan spesimen sebanyak 3.019. Angka pemeriksaan yang terbilang lebih sedikit dibanding sehari sebelumnya yakni 3.361 spesimen, namun pasien terkonfirmasi COVID-19 di angka 289 orang.

"Kasus yang ada sekarang memang masih fluktuatif," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel Husni Thamrin di Makassar dikutip Antara, Selasa, 13 Juli.

Angka kasus yang kian meningkat di Sulsel dipastikan diikuti dengan peningkatan angka Rt, 1,35.

Selain itu, COVID-19 kembali merenggut nyawa empat orang warga Sulsel sehingga total pasien yang meninggal akibat virus corona yakni 1.043 orang.

Husni menyebutkan pasien sembuh dari COVID-19 sebanyak 158 orang, maka total masyarakat Sulsel yang telah berhasil melanjutkan hidupnya sebanyak 64. 443 orang.

Tren peningkatan kasus COVID-19 mengharuskan Pemerintah Kota Makassar mengambil kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang membatasi pergerakan masyarakat mulai sore hari atau pukul 17.00 WITA.

Hal ini pun menuai beragam respons dari masyarakat, beberapa di antaranya tidak menerima pelaksanaan PPKM. Itu dinilai mencekik rakyat kecil, karena membatasi pergerakan dan roda ekonomi semakin menurun.