KSP Moeldoko: Presiden Jokowi Selalu Ingatkan Jajarannya Tidak Terlibat Korupsi
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap berkomitmen menegakkan pemberantasan korupsi.

Bahkan, tegas dia, eks Gubernur DKI Jakarta itu selalu mengingatkan jajaran menterinya menghindari praktik rasuah dalam menjalankan tugasnya.

Hal ini disampaikannya untuk menanggapi sorotan banyak pihak atas absennya bahasan terkait pencegahan maupun pemberantasan korupsi dalam pidato kenegaraan yang disampaikannya pada Senin, 16 Agustus kemarin dalam sidang tahunan MPR RI bersama DPR RI.

"Oh iya, komitmen Presiden enggak pernah berhenti dan komitmen Presiden selalu mengingatkan kepada jajaran. Yang diingatkan satu, jangan sampai terlibat korupsi," kata Moeldoko kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 18 Agustus.

Ia juga menyebut komitmen ini sebenarnya terlihat dari sikap Presiden Jokowi selama ini yang tak pernah membela anak buahnya ketika terjaring kasus korupsi.

"Apakah Presiden pernah memihak? Apakah Presiden pernah melakukan pembelaan? Itu salah satu itikad baik Presiden dalam konteks korupsi ini, komitmennya," tegas Moeldoko.

Mantan Panglima TNI ini juga menyebut ada berbagai hal yang telah dilakukan pemerintah untuk membuktikan komitmen pemberantasan korupsi. Di antaranya berupa pemberlakuan sistem pelayanan perizinan usaha terintegrasi melalui Online Single Submission (OSS) hingga pendampingan KPK, Kejaksaan, dan kepolisian dalam tiap implementasi kebijakan.

"Jadi ini maksud saya perlu masyarakat paham bahwa langkah-langkah nyata terhadap pencegahan korupsi dan penindakan itu sangat jelas dijalankan oleh Presiden," ungkap Moeldoko.

"Indikator-indikator yang saya sampaikan tadi adalah sebuah komitmen kuat yang dimiliki Presiden atas upaya pencegahan dan penindakan korupsi," pungkasnya.