Membahas Keamanan Natal dan Tahun Baru antara Menko Polhukam dan Kapolri
Pertemuan Menko Polhukam Mahfud MD dan Kapolri Jenderal Idham Aziz (Rizky Adytia Pramana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Jelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, masalah keamanan jadi perhatian utama pemerintah. Sejumlah langkah disiapkan untuk pengamanan ini.

Masalah ini membuat Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menggelar pertemuan dengan Kapolri Jenderal Idham Azis. 

Pertemuan yang berlangsung di Gedung Ruang Pertemuan Utama (Rupatama) Mabes Polri dimulai sejak pukul 11.00 WIB. Pertemuan ini terjadi kurang lebih dua jam. 

Usai pertemuan, Mahfud memberikan keterangan. Katanya, kunjungan kerja rutin ini membahas agenda pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Kunjungan kerja biasa, tugas rutin. Ini fokusnya menghadapi tahun baru dan hari natal. Menjamin keamanan dan ketentraman masyarakat," katanya di Jakarta, Kamis, 12 Desember.

Pertemuan Menko Polhukam Mahfud MD dan Kapolri Jenderal Idham Aziz (Rizky Adytia Pramana/VOI)

Mahfud tak menjawab soal perkara lain. Kata dia, pertemuan hingga dua jam ini hanya membahas soal pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Semuanya (kesiapan) harus komprehensif. Cuma itu yang dibicarakan," ungkap Mahfud.

Usai memberikan pernyataan, Mahfud pun meninggalkan Mabes Polri dengan menumpang kendaraan dinasnya. Sementara, Kapolri enggan memberikan pernyataan lebih jauh soal pertemuan tersebut dan memilih segera masuk ke dalam gedung Rupatama.

Namun, sebelum meninggalkan lokasi, Idham sempat menyebut jika semua pernyataan akan disampaikan oleh Karo Penmas DivHumas Polri Brigjen Argo Yuwono. "Nanti dilanjutkan Pak Argo ya," kata Idham.

Sementara, Argo menyebut, dalam pertemuan tersebut Kapolri melaporkan jumlah personel Polri yang bertugas untuk pengamanan perayaan Natal dan tahun baru.

"Agenda tahun ini ada operasi kemanusiaan yaitu operasi lilin dan tahun baru. Akan dilaksanakan 23 Desember sampai 1 Januari. Ada 100.000 lebih personil dari Aceh hingga Merauke," tandas Argo.