PPKM Level 4 Diperpanjang, Jokowi Ingatkan Penyaluran Bansos Segera Dilakukan
Presiden Jokowi (DOK Setkab)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penyaluran bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat segera dilakukan. Pemberian bansos ini dilakukan untuk mengurangi beban masyarakat di tengah berbagai pembatasan.

"Untuk mengurangi beban masyarakat terkait berbagai pembatasan mobilitas dan aktivitas sosial ekonomi, pemerintah perlu mendorong percepatan penyaluran bantuan sosial, bansos untuk masyarakat," kata Jokowi dalam keterangan video yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 2 Agustus.

Ada pun bansos yang diberikan kepada masyarakat mulai dari bansos tunai hingga bantuan untuk usaha mikro. Selain itu, para pedagang kaki lima (PKL) dan hingga warung akan mendapat bantuan dari pemerintah.

"Program Keluarga Harapan PKH, bantuan sosial tunai BST, dan BLT desa. Bantuan untuk usaha mikro kecil, PKL, dan warung, bantuan subsidi upah sudah mulai berjalan," ujar Jokowi.

"Selain itu, program bansos produktif usaha mikro sudah diluncurkan pada 30 Juli yang lalu," imbuhnya.

Sebelumnya, Jokowi mengumumkan penerapan PPKM Level 4 diperpanjang dari Selasa, 3 Agustus hingga Senin, 9 Agustus mendatang. Perpanjangan dilakukan meski perbaikan telah terjadi di segala lini.

Ada pun sejumlah perbaikan ini di antaranya dalam hal konfirmasi kasus harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan, dan persentase keterpakaian tempat tidur atau bed occupation rate (BOR).

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan jajarannya tak lengah dalam menghadapi pandemi COVID-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Penerapan ini, kata dia, jadi kunci dalam menangani penyebaran virus.