Ke Ragunan, Anies Baswedan Jenguk Dua Harimau Sumatera yang Terpapar COVID-19
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: @aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menjenguk dua warga Jakarta yang terpapar COVID-19. Namun dua warga DKI yang positif COVID-19 bukan manusia, melainkan Harimau Sumatera.

Kabar dua Harimau Sumatera terpapar COVID-19 ini diunggah Anies di akun Instagram @aniesbaswedan. Dua harimau itu dinyatakan positif COVID-19 sejak 15 Juli.

"Hari dan Tino adalah Harimau Sumatera. Mereka didiagnosis positif COVID-19 15 Juli lalu," ucap Anies dikutip VOI, saat mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan Minggu, 1 Agustus.

Saat ini, kedua Harimau Sumatera itu sedang menjalani isolasi di Taman Margasatwa Ragunan (TMR).

Kondisi mereka diketahui terpapar COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan sampel yang dilakukan oleh Pusat Studi Satwa Primata Institut Pertanian Bogor (IPB). Sebab, sebelumnya kedua harimau itu sempat menujukan gejala yang tak biasa.

"Sekitar tiga minggu lalu, perawat satwa di Ragunan memperhatikan bahwa Hari dan Tino tampak sakit dan bergejala seperti COVID yaitu flu, lemas, dan sesak nafas," tulis Anies.

Kasus satwa terpapar COVID-19, terutama harimau dan singa bukan hal yang baru. Beberapa negara sudah menemukan penularan COVID-19 terhadap satwa.

Tapi, selama berjalannya waktu, kondisi kedua Harimau Sumatera ini mulai membaik. Sebab, kondisi keduanya dipantau ketat oleh dokter terbaik di Ragunan.

"Alhamdulillah, Hari dan Tino kini berangsur pulih dan sudah tampak aktif. Walaupun demikian, karena Jakarta masih berada dalam situasi PPKM Level 4 maka TMR belum bisa dibuka untuk publik. Jadi Hari dan Tino tidak harus buru-buru kembali WFO dan punya waktu untuk menyehatkan diri sepenuhnya," tandas Anies.