Persilakan Masyarakat Sampaikan Aspirasi, Mahfud MD: Terpenting Semuanya Ikuti Prosedur Tangani COVID-19
Mahfud MD/DOK Instagram pribadi

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengamini tak semua kebijakan pemerintah dalam menangani COVID-19 bisa diterima. Mahfud mempersilakan semua pihak menyampaikan aspirasi sebagai upaya menyelamatkan masyarakat di tengah pandemi.

"Tentu kebijakan dan langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah tentu tidak semuanya bisa diterima oleh masyarakat. Oleh sebab itu, dalam kerangka itu, mencari jalan yang bersama silakan sampaikan aspirasi," kata Mahfud dalam keterangan video yang ditayangkan di YouTube Kemenko Polhukam RI, Jumat, 23 Juli.

Mahfud menjelaskan selama ini pemerintah terus berupaya untuk menangani penyebaran COVID-19 di Tanah Air secara terbuka dan melalui analisis serta metode ilmiah. Tapi, tak jarang banyak perbedaan dalam proses menentukan kebijakan.

"Ada yang setuju ada, ada yang bertentangan, ada yang memberikan alternatif lain bahkan ada dilema yang sangat kita rasakan dalam menangani COVID ini," ujarnya.

Salah satu dilema yang dihadapi, kata Mahfud, ketika pemerintah dihadapkan pada pilihan melakukan pembatasan kegiatan masyarakat. Pemerintah saat itu dihadapkan pada pilihan jika pembatasan ini terlalu ketat maka yang terjadi kehidupan dan perekonomian menjadi berat bagi masyarakat.

Sehingga, akhirnya diambil keputusan dari berbagai pendapat yang sudah masuk ke pemerintah. "Perlu dicari jalan yang sebaik-baiknya dan pemerintah tentu harus mengambil keputusan dan telah mengambil keputusan di antara berbagai pendapat yang ada," tegasnya.

Meski mempersilakan masyarakat menyampaikan aspirasi, Mahfud tetap mengingatkan semuanya harus dilakukan sesuai prosedur. Lagipula, penyampaian masukan kepada masyarakat bisa dilakukan dengan berbagai cara.

"Aspirasi resmi tertulis, melalui telepon, melalui media, dan melalui apapun yang penting semua ikuti prosedur," ungkap Mahfud.

Hal ini penting demi menangani pandemi COVID-19 dan menjaga keselamatan masyarakat. Menurut Mahfud, saat ini tak ada yang lebih penting daripada dua hal tersebut.

Selain itu, Mahfud mengingatkan masyarakat untuk tetap tenang, tertib, dan selalu menjaga keamanan di wilayah masing-masing. Mahfud mengajak semua pihak tanpa terkecuali untuk berupaya menyelesaikan masalah akibat pandemi COVID-19 secara bersama-sama.

"Mari jaga negara ini agar tetap kondusif sambil berusaha bersama-sama menyelesaikan berbagai persoalan terutama sekarang fokus persoalan kita adalah menyelesaikan COVID-19," pungkasnya.