Melihat Kesiapan Mal di Jakarta Hadapi Pembukaan Kembali 15 Juni
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI baru akan membuka mal atau pusat perbelanjaan di masa PSBB transisi pada 15 Juni. Sejumlah tempat yang akan dibuka adalah restoran dine in (makan di tempat) dan retail. 

Sementara, toko bahan pangan, farmasi, dan restoran take away tidak mengalami penutupan saat PSBB di fase sebelumnya, dan akan terus dibuka. Kemudian, ada  tempat yang belum diputuskan akan dibuka pada 15 Juni mendatang, yakni bioskop, gym, tempat karaoke, arena bermain anak, dan sejenisnya. 

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja DKI Ellen Hidayat menyebut, pihaknya telah menyusun protokol kesehatan menuju masyarakat produktif dan aman COVID-19. 

"Persiapan yang dilakukan pusat belanja adalah menyiapkan semua fasilitas dan peralatan yang diperlukan untuk mengikuti protokol kesehatan yang wajib dilakukan serta training kepada para karyawan," ujar Ellen saat dikonfirmasi VOI, Senin, 8 Juni. 

Kemudian, pengelola mal dan pusat belanja akan memberitahukan kepada para tenant atau retailer tentang rencana buka tersebut, agar para tenant dapat menyiapan karyawan dan juga produk yang akan dijual. 

"Para retailer juga harus mengikuti protokoler kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah berdasarkan jenis usahanya," kata dia. 

Protokolnya, setiap pemilik toko harus melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada karyawan yang bertugas dan pengunjung yang akan masuk ke tokonya. Pegawai juga diwajibkan mengenakan masker serta face shield ketika bekerja. 

Pemilik retail juga mesti menyediakan hand sanitizer atau wastafel untuk mencuci tangan. Jumlah pengunjung yang datang dan antrean kasir juga harus diatur agar bisa menerapkan jaga jarak aman.

Ellen juga meminta para retailer mengutamakan pembayaran nontunai atau cashless untuk meminimalisasi penularan COVID-19 lewat perputaran uang tunai. Kemudian, kapasitas lift dan eskalator juga dibatasi dengan pemberian tanda untuk berjarak. 

"Selain fasilitas, pihak mal juga sudah membuat tanda-tanda atau direction, dengan demikian para pengunjung bilamana mengikuti tata cara yang sudah diarahkan, maka tentunya protokol kesehatan yang wajib diikuti tersebut akan berjalan baik," ucap Ellen. 

Khusus pemilik restoran di mal, lanjut Ellen, mereka diharuskan menata ulang kursi dan meja pelanggan yang makan di tempat dengan pengurangan kapasitas sebanyak 50 persen. 

Lebih lanjut, pengelola mal juga memiliki tim pengendali COVID-19 serta tim keamanan yang akan membantu mengawasi kepadatan pengunjung serta kewajiban pengunjung menjalankan protokol kesehatan di dalam mal. 

"Mengingat semua pusat belanja juga memiliki moral obligation dan responsibility kepada para tenant dan karyawan dan masyarakat, maka dapat dikatakan semua mall juga akan buka saat tanggal tersebut," ungkapnya. 

Berikut daftar mal di Jakarta yang akan kembali dibuka: 

1. Plaza Indonesia

2. FX Sudirman

3. ITC Mangga Dua

4. ITC Cempaka Mas

5. Golden Truly

6. Gajah Mada Plaza

7. Senayan City

8. ITC Roxy Mas

9. Mal Mangga Dua

10. Mangga 2 Square

11. Plaza Atrium

12. Plaza Kenari Mas

13. Thamrin City

14. Harco Pasar Baru

15. Jakarta Design Center

16. Plaza Glodok

17. ITC Permata Hijau

18. Kota Kasablanka

19. Gandaria City

20. Plaza Blok M

21. Onebelpark

22. Lippo Mall Kemang

23. The Plaza Semanggi

24. Pacific Place

25. Pejaten Village

26. ITC Kuningan

27. Transmart Cilandak

28. Pondok Indah Mall

29. Ciputra World Jakarta/Lotte Shopping Avenue

30. Kuningan City

31. Blok M Square

32. ITC Fatmawati

33. Kalibata City Square

34. Mal Ambasador

35. Mal Blok M

36. Plaza Mebel

37. Mal Taman Anggrek

38.Lippo Mall Puri

39. Mal Taman Palem

40. Puri Indah Mall

41. Mal Ciputra Jakarta

42. Central Park Mall dan Neo Soho Mall

43. PX Pavilioun

44. Seasons City

45. Lippo Plaza Kramat Jati

46. Cibubur Junction

47. Mall Cipinang Indah

48. Tamini Square

49. AEON MALL Jakarta Garden City

50. Arion Mall

51. Buaran Plaza

52. Mall@Bassura

53. Pulogadung Trade Center

54. Pusat Grosir Cililitan

55. Pluit Village Mall

56. Emporium Pluit Mall

57. Pluit Junction

58. Baywalk Mall

59. WTC Mangga Dua

60. Koja Trade Center

61. Grand Indonesia

62. Teras Benhil

63. Summarecon Mal Kelapa Gading

64. Sunter Mall