Bantuan Internasional Penanganan COVID-19 Tiba, Menlu Retno: Pentingnya Kerja Sama dan Kolaborasi
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi (Sumber: Kementerian Luar Negeri Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Bantuan internasional dari negara-negara sahabat untuk penanganan COVID-19 di Indonesia berdatangan. Hari ini, bantuan dari Singapura dan Australia direncanakan tiba di Tanah Air. 

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan, kerja sama dan kolaborasi adalah prinsip penting yang terus dikedepankan oleh dunia, agar dunia dapat segera keluar dari pandemi ini secara bersama.

"No one is safe until everyone is safe," ujar Menlu Retno dalam keterangan tertulisnya Jumat 9 Juli, menggaris bawahi pentingnya solidaritas dan kerja sama global.

Lebih jauh diterangkan olehnya, dukungan kerja sama juga ditawarkan oleh sejumlah negara kepada Indonesia, yaitu Amerika Serikat, Belanda, Australia, Jepang, Inggris, Singapura, UAE, India, RRC dan entitas internasional lainnya. 

"Dukungan kerja sama yang ditawarkan antara lain berupa vaksin, obat-obatan maupun alat kesehatan lainnya. Indonesia mengapresiasi tawaran dukungan kerjasama tersebut," tandas Menlu Retno.

Dalam keterangannya, Kementerian Luar Negeri menyebut bantuan dari Singapura yang tiba hari ini antara lain berupa 200 ventilator, 256 tabung oksigen kosong kapasitas 50 liter, masker, sarung tangan, APD, tutup kepala dan alat kesehatan lainnya. 

"Dukungan tersebut dikirim melalui jalur udara dan akan terdapat beberapa dukungan yang akan dikirim melalui jalur laut," terang Kementerian Luar Negeri.

Selain itu, Indonesia juga melakukan pengadaan secara mandiri (pembelian) dari Singapura berupa 10,000 unit oxygen concentrator, dimana sebagian kecil yaitu 30 unit telah tiba bersama dengan dukungan Singapura.

"Pada hari ini juga, akan tiba dukungan kerja sama dari Australia berupa 1000 ventilator," tulis Kementerian Luar Negeri.