Catat Ini Gratis! 11 Telemedicine yang Layani Pasien Isoman COVID-19
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto Dok. Setkab)

Bagikan:

JAKARTA - Pasien COVID-19 bergejala ringan diarahkan untuk isolasi mandiri agar terhindar dari risiko penularan virus yang cenderung lebih tinggi di rumah sakit.

Selain itu, secara emosional, pasien bisa lebih tenang di rumah. Sehingga, imunitas lebih terjaga.

Terkait hal ini, pemerintah telah menggandeng 11 jasa telemedicine swasta untuk melayani pasien isolasi mandiri (isoman) COVID-19 bergejala ringan guna mengurangi tekanan rumah sakit, di tengah lonjakan kasus Corona.

"Ada 11 aplikasi telemedicine. Mereka bekerja untuk mengurangi tekanan di rumah sakit. Jadi, rumah sakit hanya untuk yang membutuhkan. Yang lain, cukup isolasi mandiri," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi virtual, Senin, 5 Juli. 

Layanan tersebut nantinya bisa diakses masyarakat yang membutuhkan konsultasi dokter untuk memperoleh panduan yang benar seputar konsumsi obat atau vitamin, maupun aktivitas selama masa pemulihan kesehatan di rumah.

Pemerintah juga mengapresiasi keterlibatan pihak swasta dalam layanan telemedicine secara gratis, kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Saya ucapkan terima kasih, karena Anda terpanggil untuk melaksanakan ini semua," kata Luhut.

Berikut daftar jasa telemedicine yang dapat diakses pasien isolasi mandiri di rumah, secara gratis:

1.Alodokter

2.Getwell

3.Good Doctor

4.Halodoc

5.Klik Dokter

6.KlinikGo

7.Link Sehat

8.Milvik Dokter

9.ProSehat

10.SehatQ

11.YesDok