Didukung NU, PKB Ambisius Peringkat Kedua Pemilu 2024
Muhaimin Iskandar alias cak Imin/PKB.id

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin begitu ambisius partainya dapat menduduki peringkat kedua pada Pemilu 2024 mendatang.

Sebab asumsinya, saat ini PKB terus mendapatkan tren positif di berbagai lembagai survei. Bahkan, dia mengklaim PKB sudah bertengger di papan atas bersama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerindra dan Partai Golkar.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PKB Daniel Johan, mengatakan pengurus dan kader siap merealisasikan target sang ketua umum.

“Sangat mungkin kok (peringkat kedua, red),” ujar Daniel, Selasa, 29 Juni.

Legislator Kalimantan Barat itu juga optimis lantaran partainya memiliki modal yang cukup kuat di Pemilu 2019 lalu. Saat itu, kata Daniel, PKB berhasil duduk di posisi keempat dengan raihan 13.570.097 suara atau setara 9,69 persen suara nasional. 

"Artinya, PKB tinggal meneruskan tren positif ini," katanya.

Selain itu, Wakil Ketua Komisi IV DPR ini mengungkapkan, faktor pendukung partai seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan barisan simpatisan partai semakin solid mendukung PKB. Bahkan kata dia, para kader mulai dari pusat sampai ke daerah begitu semangat mem­bangun partai menuju Pemilu 2024.

“Akar kultural dukungan yang sudah ada sekarang semakin solid, tinggal bagaimana mem­perluas dukungan tokoh dan akar rumput lainnya,” ungkapnya Daniel.

Daniel menuturkan, saat ini PKB tengah memperluas pengaruh dan perannya ke masyarakat. Salah satunya, melakukan pendekatan dan memberikan saluran politik terhadap kalangan milenial.

Sebab milenial, tambahnya, menjadi penentu kemenangan di Pemilu 2024. Dia menyebut, persentasenya sebesar 60 persen dari seluruh pemilik suara di pemilu nanti.

"PKB punya ketua umum yang bisa menjadi panutan generasi muda," tandas Daniel.