Moeldoko: Ivermectin Terbukti Turunkan Hampir 100 Persen Kasus COVID-19 di Depok hingga Semarang Timur
Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko mengaku pihaknya sudah menyebarkan obat Ivermectin ke sejumlah daerah. Ia pun mengklaim, Ivermectin manjur dalam menangani pasien COVID-19 di antaranya di Depok hingga Semarang Timur.

"Berdasarkan data sementara laporan di lapangan atas hasil yang dilakukan oleh HKTI di beberapa daerah terhadap penggunaan Ivermectin. Di Kota Tangerang, Jaktim, Depok, Bekasi menghasilkan tingkat kemanjuran yang hampir di seluruh daerah mendekati 100 persen untuk menurunkan COVID-19," tuturnya dalam diskusi virtual, Senin, 28 Juni.

Lebih lanjut, Moeldoko juga mengklaim bahwa Ivermectin yang dikenal sebagai obat cacing itu juga mampu menurunkan kasus COVID-19 di Semarang Timur, Sragen, hingga Kudus.

"Melihat data sementara ini, kami cukup optimis bahwa Ivermectin dapat menjadi solusi obat efektif menyembuhkan pasien COVID-19," katanya.

Di samping itu, Moeldoko mengungkapkan alasan dirinya mendistribusikan Ivermectin. Menurut dia, hal ini dilatarbelakangi kondisi penyebaran COVID-19 yang saat ini semakin meluas dan terus mengalami penambahan. Karena itu, ia berani membagikan Ivermectin sebagai salah satu alternatif yang bukti efektif.

Lebih lanjut, Moeldoko mengatakan dalam kondisi kritis saat ini tidak bisa hanya diam saja. Apalagi, kata dia, vaksinasi COVID-19 pun belum merata di seluruh wilayah Indonesia.

"Dalam menghadapi situasi kritis ini kita apakah harus diam? Menurut saya tidak. Kita harus lakukan sesuatu, diam adalah risiko kematian. Melakukan sesuatu belum tentu mati. Sebuah pilihan. Pilihan yang bijak melakukan sesuatu," jelasnya.

Sebelumnya, Moeldoko mengatakan penggunaan obat Ivermectin sudah dilakukan berbagai negara. Menurut Front Line Covid Critical Care atau FLCCC Alliance sudah ada 33 negara yang menggunakan Ivermectin dalam mengatasi COVID-19. Antara lain Brazil, Zimbabwe, Jepang, dan India.

"Berdasarkan American Journal ada penelitian yang melibatkan 3.406 partisipan yang terbagi menjadi 15 uji klinis terbukti atau membuktikan bahwa Ivermectin dapat mengatasi COVID-19 sebesar 90 persen," katanya.