Alami Ledakan Infeksi COVID-19 Varian Delta, Sydney Masuki Periode Paling Menakutkan
Ilustrasi COVID 19 di Sydney, Australia. (Kate Trifo/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Negara Bagian New South Wales (NSW) melaporkan kenaikan dua digit kasus infeksi COVID-19 melalui transmisi lokal untuk hari ketiga berturut-turut, dengan para pejabat berusaha untuk menahan penyebaran varian Delta.

"Sejak pandemi dimulai, ini mungkin periode paling menakutkan yang dialami New South Wales," kata Perdana Menteri New South Wales Gladys Berejiklian seperti mengutip Reuters Kamis 24 Juni. 

NSW telah memberlakukan pembatasan ketat di Sydney, kota terbesar di Australia dan rumah bagi seperlima dari 25 juta penduduk negara itu, dengan pejabat kesehatan mengatakan penularan dapat terjadi bahkan melalui kontak minimal dengan orang yang terinfeksi.

Pejabat NSW sejauh ini menolak seruan untuk penguncian ketat, meskipun Australia memiliki catatan bagus dalam berhasil menekan wabah di masa lalu melalui penguncian cepat, aturan jarak sosial yang ketat dan pelacakan kontak yang cepat.

Berkat tindakan tersebut, Australia hanya melaporkan kasus infeksi COVID-19 di bawah 30.400 kasus, dengan kematian hanya 910 kasus sejak pandemi dimulai tahun lalu. 

Berejiklian mengatakan, meskipun varian virus sangat menular, pemerintahnya pada tahap ini nyaman dengan tingkat pembatasan saat ini.

Sementara itu, Perdana Menteri Negara Bagian Australia Barat Mark McGowan  mendesak otoritas NSW untuk menempatkan negara bagian itu dalam penguncian, guna menghancurkan dan membunuh virus, memeringatkan pembatasan sentuhan ringan yang dapat memicu lonjakan infeksi. 

Australia Barat dan sejumlah negara bagian kebijakan antisipasi situasi ini, dengan melakukan pengetatan aturan di lintas batas, hingga penutupan wilayah perbatasan. 

Sebelas kasus lokal baru dilaporkan pada hari Kamis, menjadikan total infeksi dalam wabah terbaru menjadi lebih dari 40. Data Kamis mencakup enam kasus yang terdeteksi setelah pukul 8 malam. 

Parlemen Negara Bagian NSW pada Hari Kamis merilis daftar terbatas politisi yang diizinkan masuk ke majelis, setelah Menteri Pertanian Negara Bagian Adam Marshall dinyatakan positif COVID-19 dan Menteri Kesehatan Brad Hazzard dalam isolasi setelah ia dianggap sebagai kemungkinan kontak dekat dari kasus positif.

Negara bagian Victoria, yang berbatasan dengan NSW, pada hari Kamis melaporkan kasus pertamanya yang kemungkinan terkait dengan wabah NSW, setelah seorang pria berusia 60-an dinyatakan positif sekembalinya dari Sydney. 

Terpisah, Selandia Baru melaporkan tidak ada kasus lokal baru pada Kamis ini, setelah kemarin menaikkan tingkat kewaspadaan COVID-19 di ibu kotanya Wellington pada Hari Rabu 23 Juni, di tengah kekhawatiran kota itu mungkin telah terpapar varian Delta yang sangat menular yang telah memicu wabah baru.

Wellington menaikkan status menjadi 'Siaga Level 2' negara itu, satu tingkat di bawah penguncian, yang berlaku hingga tengah malam pada Hari Minggu sebagai tindakan pencegahan, untuk mengekang potensi wabah setelah seorang turis Australia dinyatakan positif COVID-19 saat kembali ke Sydney dari Wellington.