Ucapan Tak Patut Selebgram Indira Kalistha karena Remehkan COVID-19
Youtuber Indira Kalistha (Foto: Youtube Gritte Agatha)

Bagikan:

JAKARTA - Selebgram sekaligus Youtuber Indira Kalistha dikritik warganet di media sosial. Banyak yang menyayangkan sikap Indira karena menganggap remeh penularan COVID-19 dan tak mengikuti anjuran pemerintah untuk menjaga kebersihan di masa pandemi seperti ini.

Pernyataan Indira yang mendapat banyak kritikan dilontarkan saat menjadi narasumber di unggahan video akun Youtube Gritte Agatha. Video wawancara ini diunggah pada Rabu, 13 Mei 2020.

"Aku jarang pakai masker. Kalau sheetmask (masker kecantikan) aku pakai setiap hari, ya. Kalau masker yang (memfilter) udara gitu aku enggak pakai, kecuali memang (kalau) ditegor," kata Indira dikutip VOI, Jumat, 15 Mei.

"Tapi, kalau enggak ditegor, aku buka (masker) lagi. Ini napas, sayang-sayang (kalau) ditutup. Sesak nih, dada. Kalau ke mal, ke pasar, pegang-pegang. Misalnya, habis beli makanan ojek online, aku enggak cuci tangan dulu, baru makan. Jadi, ambil-ambil apa segala macam, terus makan aja pakai tangan," lanjutnya disusul dengan respons tertawa dari Gritte.

Ucapan ini menimbulkan banyak kritikan di media sosial. Salah satu kritikan dilontarkan oleh akun Twitter @putpuwi yang menyematkan potongan video pernyataan Indira. 

"Sangat disayangkan seorang publik figure yang punya subscriber 2 juta orang bisa mengeluarkan statement seperti itu. You are not funny at all. Kamu bodoh banget," cecar @putpuwi.

Sedikitnya, cuitan @putpuwi mendapat 22.400 retweet, dan ada 50.900 yang menekan tombol menyukai. Hingga berita ini ditulis, tagar #IndiraKalistha bertengger dalam trending topic di Indonesia.

Ketika dilihat kembali dalam akun Youtube Gritte Agatha, cuplikan pernyataan Indira yang menuai kritikan sudah dipotong dan tak bisa lagi dilihat. Namun sayanganya, pernyataan Indira sebelum diedit dan dipotong telanjur ditonton oleh 352 ribu orang.

Kritik untuk Indira Kalistha

Pengamat media sosial Eddy Yansen sepakat dengan kritikan warganet terhadap Indira. Eddy menganggap pernyataan Indira tak patut dilontarkan oleh seorang influencer. 

Meskipun tak ada kalimat ajakan untuk tidak mengenakan masker dan tidak mencuci tangan, pernyataan Indira berbahaya. Sebab, pernyataan soal bagaimana Indira menyikapi COVID-19 bisa memengaruhi pila pikir pengikutnya secara tidak langsung.

"Saya sangat menyayangkan seorang influencer yang sering kali lupa ketika berbicara ke ruang publik itu memiliki konsekuensi. Dampak media sosial ini ke para subscriber-nya tentu sangatlah besar. Sikap dan ungkapan seperti ini akan memicu pengikutnya untuk turut bersikap serupa," jelas Eddy kepada VOI.

Eddy berpendapat, sebaiknya Indira mengklarifikasi pernyataannya agar pengikut di media sosialnya tidak menirukan sikapnya yang menganggap remeh virus corona. Sebab, sampai saat ini belum ada klarifikasi apapun di media sosial Indira.

"Alangkah baiknya sang influencer meluruskan kembali, maksud pernyataannya tersebut agar tidak ditiru oleh para penontonnya, karena mungkin hanya dalam konteks bercanda dan lain-lain," ungkap Eddy.

Selain itu, Eddy juga menganggap Gritte Agatha selaku pengunggah video wawancara bersama Indira untuk memberikan klarifikasi bahwa pernyataan Indira tidak untuk ditiru penontonnya.