Grup Penerbangan Kepresidenan Rusia Dapat Pesawat dan Helikopter Baru untuk Layani Vladimir Putin
Pesawat Kepresidenan Rusia Ilyushin Il-96-300PU. (Wikimedia Commons/E233renmei)

Bagikan:

JAKARTA - Grup Penerbangan Khusus Rossiya yang bertanggung jawab untuk mengangkut pemimpin tertinggi negara tersebut, akan menerima sejumlah pesawat dan helikopter baru. 

Baru berulang tahun ke-65 pada 5 Mei lalu, CEO Rossiya Konstantin Tereschenko akan menerima lima unit pesawat dan 2 helikopter angkut, sebagai bagian dari program pengiriman pesawat baru untuk grup penerbang kepresidenan hingga tahun 2030 mendatang.

"Kami sedang menunggu dua pesawat baru Il-96-300 dan tiga versi penumpang Tu-214. Kami juga menunggu kedatangan dua helikopter Mi-38 baru," terang Tereschenko seperti melansir TASS.

Tidak ada persyaratan khusus yang ditetapkan untuk pesawat dari grup penerbangan kepresidenan, kata Tereshchenko. Kendati, lazimnya pesawat kepresidenan atau pesawat untuk petinggi negara tentunya akan dilengkapi sejumlah fitur keamanan dan desain khusus.

"Ada persyaratan umum untuk semua penerbangan sipil. Ini adalah pesawat produksi serial normal tetapi dengan beberapa tambahan," jelasnya, tanpa merinci fitur pesawat secara keseluruhan. 

Lebih jauh diterangkan olehnya, syarat utama dari personel dan pesawat grup penerbangan khusus kepresidenan adalah, kemampuan dan kesiapan untuk beroperasi. Ia menggambarkan, penerbangan bisa ditunda dan pesawat diganti hanya karena satu kursi tidak bisa dilipat.

pesawat kepresidenan rusia
Pesawat Kepresidenan Rusia Ilyushin Il-96-300PU. (Wikimedia Commons Anna Zvereva)

"Maskapai penerbangan lain mengizinkan kesalahan yang ditangguhkan, dengan malfungsi yang tidak memengaruhi keselamatan penerbangan. Di grup penerbangan kami, itu tidak boleh dan semuanya harus berfungsi dengan baik," paparnya. 

Tak hanya itu, tidak sembarang orang bisa 'menyentuh' pesawat dan helikopter yang ada di grup penerbangan kepresidenan. Selain staf penerbangan sendiri, grup ini juga memiliki staf teknisi perawatan sendiri. 

"Kita harus bekerja seperti kapal selam dalam mode otonom penuh untuk memastikan bahwa tidak ada orang lain yang dapat menyentuh pesawat kita," tegasnya.

Grup Penerbangan Khusus Rossiya dari Administrasi Kepresidenan Rusia bertanggung jawab atas transportasi Presiden Rusia. Selain itu, grup ini juga menyediakan transportasi untuk presiden terpilih, Perdana Menteri Rusia, pembicara Duma Negara dan Dewan Federasi, kepala Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung , Jaksa Agung, ketua Komite Investigasi, kepala pemerintahan Kremlin dan Menteri Luar Negeri Rusia.

Sejarah grup penerbangan khusus Rossiya dimulai pada tahun 1956, ketika pejabat tinggi Uni Soviet mengubah pesawat militer yang diterbangkan oleh pilot Angkatan Udara menjadi pesawat dari tim udara khusus yang didirikan di Aeroflot di Bandara Vnukovo Moskow. 

Struktur grup penerbangan saat ini dibentuk pada tahun 2009, setelah dipisahkan dari satuan sebelumnya, Grup Penerbangan Terpisah No.235. Sejarah panjang grup penerbangan ini diapresiasi Presiden Vladimir Putin yang lama menggunakan jasa grup ini. 

"Dalam sejarah perusahaan Anda, ada banyak contoh yang cemerlang dan heroik dari keberanian sejati, pengorbanan diri dan dedikasi untuk tugas. Sejak hari pertama didirikan, kelompok penerbangan mengambil bagian aktif dalam menguasai pesawat domestik. Anda bekerja di bawah kondisi apa pun dan terkadang sangat kompleks dan memikul tanggung jawab besar untuk keselamatan penumpang," sebut Presiden Putin dalam ucapan selamat ulang tahun untuk grup ini.