Senang Lihat Bandara di Purbalingga, Jokowi: Meski Masih Darurat, Tapi Airport Sudah Dipakai
Presiden Joko WIdodo (Foto: Tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah. Sebab, bandara ini telah melayani penerbangan meskipun masih menggunakan terminal darurat.

Hal ini ia katakan saat melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah pagi ini. Dalam peninjauannya, Jokowi ditemani oleh Ibu Negara Iriana, Menhub Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.

"Ini bagus, saya senang meskipun terminalnya masih terminal darurat, belum selesai, tetapi airport-nya sudah dipakai," kata Jokowi dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Jumat, 11 Juni.

Bandara Jenderal Besar Soedirman ini telah mulai beroperasi sejak 1 Juni 2021 dan melakukan penerbangan komersil perdananya pada 3 Juni 2021.

Jokowi menganggap, kondisi ini akan lebih produktif daripada menunggu terminalnya harus selesai terlebih dahulu, baru dilakukan penerbangan.

Misalnya, pada minggu lalu telah mulai dilakukan penerbangan dari Jakarta ke Purbalingga, kemudian dari Purbalingga ke Surabaya oleh Citilink dengan penumpang lebih dari 70 persen.

"Saya kira cara-cara cepat seperti ini yang akan terus kita lakukan terhadap juga airport airport yang lain yang dalam proses dibangun," ujarnya.

Jokowi berharap, bandara dengan runway sepanjang 1,6 kilometer dan lebar 30 meter ini akan memberikan kontribusi perekonomian. Tidak hanya di Kabupaten Purbalingga tetapi juga di Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo, Kebumen, dan sekitarnya.

"Sehingga, kita harapkan mobilitas orang, mobilitas barang, mobilitas logistik akan menjadi lebih baik. Akhirnya akan memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi pada wilayah di Jawa Tengah bagian selatan ini," tutur Jokowi.

Pagi ini, Jokowi berangkat ke Jawa Tengah dengan menggunakan Pesawat Khusus ATR 72-600. Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 07.00 WIB.

Selanjutnya, Jokowi akan lepas landas menuju Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani, Kota Semarang. 

Setibanya di Semarang, Jokowi langsung bergerak menuju terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas untuk meninjau jalannya pelaksanaan vaksinasi massal yang diperuntukkan bagi pengguna kapal laut, pekerja pelabuhan, masyarakat di sekitar pelabuhan, hingga warga difabel.

Selain itu, ia juga akan meninjau pembangunan jalan tol ruas Semarang-Demak yang berlokasi di wilayah Sidogemah, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.