Tarung Ulang Paman Birin-Denny Indrayana di Kabupaten Tapin, Polisi Siagakan 366 Personel Kawal 24 TPS
Ilustrasi - Pengamanan TPS (Foto: ANTARA)

Bagikan:

KALIMANTAN - Sebanyak 366 personel gabungan disiapkan untuk melakukan pengamanan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) 2020 di Kabupaten Tapin.

Kapolres Tapin AKBP Pipit Subiyanto mengatakan, personel tersebut disiapkan untuk berjaga-jaga di 24 TPS di Kecamatan Binuang, Tapin.

"Polres Tapin juga dibantu Polres Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah dan Balangan," katanya di Binuang, Selasa, 8 Juni dilansir Antara.

Sebanyak 366 personel tersebut terdiri dari Polri sebanyak 228, TNI sebanyak 60, Satuan Polisi Pamong Praja 30, dan Linmas 48 orang.

"Untuk penempatan akan dilaksanakan penebalan di masing-masing TPS dan beberapa titik lokasi yang memang dari pantauan membutuhkan penebalan khusus," jelasnya.

Demi kelancaran PSU di 24 TPS itu, pihak pengamanan menjadikan asrama Sekolah Sepak Bola (SSB) Binuang menjadi posko.

"Sementara untuk patroli pengamanan sudah dilaksanakan sejak kemarin dan 24 jam. Selain patroli kita juga melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar mensukseskan pelaksanaan PSU," jelasnya.

Ketua Bawaslu Tapin, Thessa Aji Budiono mengatakan disetiap TPS akan diletakkan seorang pengawas. "Nanti ada dari jajaran Bawaslu Tapin dan Panwascam Binuang yang siap siaga mendampingi pengawasan TPS di setiap TPS," ujarnya.

Tak ingin ada kecurangan, pihaknya juga melakukan patroli di wilayah Kecamatan Binuang. "Intinya kita ada pengawasan berlapis," ungkapnya.

Sementara itu, pelaksanaan PSU adalah hasil putusan sidang Mahkamah Konstitusi pada Jum'at, 19 Maret lau terkait sengketa Pilgub Kalsel 2020 antara pasangan H. Sahbirin Noor dan H. Muhidin (BirinMu/Paman Birin) paslon 01 melawan pasangan H. Denny Indrayana dan H. Defriadi (H2D) paslon 02.

Jumlah hak suara di 24 TPS di Kecamatan Binuang, menurut data KPU Tapin, Kelurahan Binuang 1.972 suara, Kelurahan Raya Belanti 733 suara , Desa Tungkap 1.741 suara, Desa Pulam Sari 1.457 suara, Desa Padang Sari 154 suara dan Desa Mekar Sari 341 suara.

Di wilayah PSU itu sebelumnya dimenangkan BirinMu dengan perolehan suara sebanyak 6.027 sedangkan H2D hanya mendapatkan 190 suara. Di 24 TPS itu angka partisipasi mencapai 100 persen.