Kapal Terbakar di Perairan Maluku Utara, 181 Penumpang Selamat
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah kapal penumpang KM Karya Indah yang berisi 181 penumpang terbakar di Perairan Pulau Limafatola, Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara pada Sabtu 29, Mei sekitar pukul 07.00 WIT.

Penumpang dalam kapal ini adalah 155 orang dewasa, 22 anak, dan 4 lansia. Selain itu, KM Karta Indah membawa 14 orang ABK.

Awalnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate melalui Unit Siaga Sar Sanana menerima informasi bahwa terjadi kecelakaan kapal.

"Kasat Pol Air Sanana melaporkan bahwa kapal penumpang dengan nama KM Karya Indah dengan rute Ternate-Sanana mengalami kebakaran kurang lebih 5 mil arah timur laut dari Pulau Lifamatola," kata Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah dalam keterangannya, Sabtu, 29 Mei.

Arafah menjelaskan, setelah menerima informasi sekitar pukul 08.50 WIB, Tim Rescue Unit Siaga SAR Sanana berangkat menuju ke lokasi untuk melaksanakan Pencarian dan Pertolongan menggunakan RIB 01. 

"Estimasi Waktu tiba di lokasi kejadian perkara pukul 10.23 WIT," ujar Arafah.

Adapun unsur tim penyelamat yang terlibat adalah tim Basarnas Rescue Unit Siaga SAR Sanana, Pol Air Sanana, KUPP Sanana, dan Warga Masyarakat Bajo.

Alutsista dan Palsar yang digunakan adalah RIB 01 Sanana, Peralatan Medis, Peralatan Evakuasi, HP Satelit, Handy Talky (HT), hingga APD COVID-19. 

Kabar terbaru, Kepala KSOP Kelas II Ternate Affan Tabona menyebut seluruh penumpang telah dievakuasi dalam keadaan selamat.

"Saat ini proses evakuasi terhadap 14 ABK dan 181 penumpang kapal telah selesai dilakukan dan seluruhnya dalam kondisi selamat," ujar Alfian lewat keterangan terpisah.