Peneliti Ungkap Pertumpahan Darah Prasejarah Belasan Ribu Tahun Lalu di Jebel Sahaba
Tulang belulang di Jebel Sahaba, Sudan utara. (Sumber: Wendorf Archive/British Museum)

Bagikan:

JAKARTA - Hasil mengejutkan diperoleh saat sekelompok arkeolog meneliti ulang salah satu lokasi pemakanan tertua di dunia Jebel Sahaba, yang terletak di tepi timur Sungai Nil, Sudan Utara.

Dalam keterangannya pada Kamis 24 Mei lalu, para peneliti yang memeriksa ulang sisa-sisa dari pemakaman Jebel Sahaba yang berusia 13.400 tahun pada 1960 silam, mengungkapkan fakta baru tentang pertumpahan darah prasejarah.

Termasuk bukti mengejutkan, telah terjadi serangkaian tindakan kekerasan daripada satu pertikaian mematikan seperti yang diyakini selama ini.

Dari sisa-sisa kerangka 61 pria, wanita dan anak-anak, 41 di antaranya memiliki tanda-tanda setidaknya satu luka, terutama dari senjata proyektil, termasuk tombak dan panah. Beberapa luka telah sembuh, menunjukkan orang tersebut selamat dari pertempuran.

Enam belas dari mereka memiliki luka yang sembuh dan tidak sembuh, menunjukkan bahwa mereka selamat dari satu pertarungan hanya untuk mati di pertarungan lainnya. Pemeriksaan mikroskopis mengidentifikasi luka dengan sisa-sisa senjata batu yang tertanam di tulang.

Sebelumnya, analisis asli pada tahun 1960-an telah mengidentifikasi, hanya 20 orang dengan luka dan tidak ada yang luka sembuh.

Kekerasan yang luas dan tanpa pandang bulu mempengaruhi pria dan wanita secara setara, dengan anak-anak berusia 4 tahun juga terluka," kata paleoantropolog Isabelle Crevecoeur dari Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis di Universitas Bordeaux, penulis utama studi yang diterbitkan dalam jurnal 'Scientific Reports'.

"Tampaknya salah satu sifat mematikan utama yang dicari adalah menebas dan menyebabkan kehilangan darah," ungkap Crevecoeur seperti melansir Reuters

jebel sahaba
Peneliti di Jebel Sahaba (Sumber: Wendorf Archive/British Museum)

Sementara tombak dan anak panah dapat dilepaskan dari jarak jauh, ada juga bukti pertempuran jarak dekat dengan banyak kejadian patah tulang tangan, pukulan ke lengan bawah yang tertahan saat lengan diangkat untuk melindungi kepala, dan patah tulang tangan.

Pemburu-pengumpul tinggal di Lembah Sungai Nil pada saat itu, sebelum munculnya pertanian. Mereka berburu mamalia seperti kijang, menangkap ikan dan mengumpulkan tanaman dan akar. Kelompok mereka kecil, mungkin tidak lebih dari seratus individu.

Meskipun sulit untuk mengetahui mengapa mereka berkelahi, itu terjadi selama masa perubahan iklim di wilayah tersebut dari periode kering ke periode basah, bersama dengan episode banjir Nil yang parah, yang mungkin memicu persaingan di antara klan saingan untuk sumber daya dan wilayah.

"Tidak seperti pertempuran tertentu atau perang singkat, kekerasan tampaknya telah menjadi kejadian biasa dan bagian dari kehidupan sehari-hari mereka," kata rekan penulis studi Daniel Antoine, penjabat kepala Departemen Mesir dan Sudan dan kurator bioarkeologi di British Museum di London, Inggris/

Crevecoeur mengatakan, bukti arkeologis menunjukkan "bentrokan skala kecil yang berulang mungkin dalam bentuk serangan, pertempuran kecil, serangan penyergapan di antara kelompok pemburu-pengumpul, daripada satu konflik tunggal." Perbedaan budaya yang tidak diketahui antar kelompok juga bisa berperan, tambah Crevecoeur.

Situs itu, yang sekarang terendam di bawah waduk besar buatan manusia yang disebut Danau Nasser, adalah kompleks pemakaman kuno paling awal yang diketahui di Lembah Nil dan salah satu yang tertua di Afrika. Sisa-sisa manusia telah disimpan di British Museum.

Para filsuf telah lama merenungkan kontradiksi sifat manusia. Spesies kita telah menempa pencapaian intelektual, teknologi, dan artistik yang luar biasa dan telah terlibat dalam peperangan yang mengerikan. 

Bukti arkeologis telah menunjukkan kekerasan antarpribadi dalam garis keturunan evolusi manusia bahkan sebelum kemunculan Homo sapiens lebih dari 300.000 tahun yang lalu.

"Kami percaya temuan kami memiliki implikasi penting untuk perdebatan tentang penyebab dan bentuk peperangan. Yang pasti, tindakan kekerasan tercatat sejak ratusan ribu tahun lalu, dan tidak terbatas pada spesies kita, misalnya juga Neanderthal. Tapi motif mereka mungkin serumit dan beragam seperti yang bisa kita bayangkan," pungkasnya.