Pemimpin Boko Haram Tewas Bunuh Diri, Peta Kekuatan Kelompok Bersenjata di Afrika Barat Berubah?
Kelompok milisi Boko Haram. (Sumber: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kelompok militan Negara Islam Provinsi Afrika Barat (ISWAP) mengumumkan, pemimpin kelompok militan Nigeria Boko Haram Abubakar Shekau, tewas akibat bunuh diri.

Melansir Reuters Senin 7 Juni, Shekau tewas dalam pengejaran oleh ISWAP pada 18 Mei lalu setelah pertempuran. Shekau disebut bunuh diri menggunakan alat peledak, menurut rekaman suara yang mengaku sebagai Pemimpin ISWAP Abu Musab al-Barnawi. 

ISWAP yang mampu menyudutkan Shekau dalam pengejarannya, menawarkan kesempatan untuk bertobat dan bergabung dengan ISWAP.

"Abubakar Shekau, Tuhan telah mengadilinya dengan mengirimnya ke surga," katanya. Dua orang yang akrab dengan al-Barnawi membenarkan itu adalah suaranya. 

"Shekau lebih suka dipermalukan di akhirat daripada dipermalukan di bumi, dan dia langsung bunuh diri dengan meledakkan bahan peledak," lanjut pernyataan itu.

Sebuah laporan intelijen Nigeria yang dibagikan oleh seorang pejabat pemerintah dan peneliti Boko Haram juga mengatakan Shekau sudah meninggal.

Bulan lalu, militer Nigeria mengatakan sedang menyelidiki dugaan kematian Shekau, juga dilaporkan di outlet berita Nigeria dan asing. Pernyataan audio, pertama kali diperoleh oleh media lokal, adalah konfirmasi pertama ISWAP bahwa saingan beratnya di wilayah Danau Chad telah tewas. 

"ISIS sedang mengonsolidasikan seluruh wilayah, wilayah Danau Chad dan (kubu pertahanan Shekau)," kata Bulama Bukarti, seorang analis yang mengkhususkan diri dalam Boko Haram di Tony Blair Institute for Global Change.

"ISWAP telah menjebak Shekau sebagai masalah dan dia adalah satu-satunya orang yang ingin mereka singkirkan," lanjut Bukarti tentang upaya ISIS untuk memikat komandan dan pejuang Boko Haram ke pihak mereka.

Kematian Shekau dapat mengakhiri persaingan sengit antara kedua kelompok, yang memungkinkan Negara Islam Provinsi Afrika Barat (ISWAP) menyerap para pejuang Boko Haram dan mengkonsolidasikan cengkeramannya di wilayah timur laut Nigeria, kata para analis politik.

Boko Haram menjadi berita utama di seluruh dunia dengan penculikan tahun 2014 terhadap lebih dari 270 siswi dari kota Chibok, memicu kampanye global untuk kembalinya mereka yang dijuluki #BringBackOurGirls, yang didukung oleh orang-orang seperti Michelle Obama. Sekitar 100 Gadis Chibok masih hilang, dan beberapa diperkirakan tewas di penahanan.

Shekau memimpin transformasi Boko Haram dari sekte Islam bawah tanah pada tahun 2009 menjadi pemberontakan penuh, membunuh, menculik dan menjarah di timur laut Nigeria.

Kelompok ini telah membunuh lebih dari 30.000 warga sipil, memaksa sekitar 2 juta orang meninggalkan rumah mereka dan melahirkan salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

ISWAP sebelumnya adalah bagian dari Boko Haram sebelum terpecah lima tahun lalu, berjanji setia kepada ISIS. Perpecahan itu disebabkan oleh ketidaksepakatan ideologis agama atas pembunuhan warga sipil oleh Boko Haram, yang ditentang oleh ISWAP.