Pasien COVID-19 di RS Lapangan Surabaya Melonjak hingga 200 Persen
IlustrasI/PIXABAY

Bagikan:

SURABAYA - Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, Jawa Timur, kebanjiran pasien COVID-19. Saat ini ada sebanyak 106 pasien dirawat, meningkat 200 persen lebih dari sebelumnya hanya sekitar 25-35 pasien. 

"Kenaikannya lebih dari 200 persen, sejakdua hingga tiga pekan pasca lebaran. Di mana pasien yang dirawat di RSLI saat ini ada 106 orang," kata Penanggung Jawab RSLI Surabaya, Laksamana Pertama, I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, dikonfirmasi, Kamis, 3 Juni.

Menurut Nalendra, 106 pasien COVID-19 itu terdiri dari 49 orang laki-laki dan 57 perempuan. Pasien COVID-19 di RSLI terus mengalami peningkatan dua hingga tiga pekan pasca lebaran Idulfitri, namun tidak sebanyak tahun 2020 lalu.

Misalnya pada pekan kedua lebaran, pasien di RSLI bertambah menjadi 23 orang, lalu naik lagi menjadi rata-rata 34 orang pada pekan ketiga lebaran. Padahal, kata Nalendra, pekan pertama usai Lebaran jumlah pasien COVID-19 sempat mengalami penurunan menjadi rata-rata 13 orang. 

"Meski ada kenaikan kapasitas RSLI sendiri masih cukup, ada sekitar 450 bed. Artinya, keterisian bed saat ini ada sekitar 20-25 persen," katanya. 

Karena itu, Nalendra mengingatkan masyarakat agar lebih waspada dan mempersiapkan diri untuk kondisi terburuk. Khususnya RS dalam penanganan pasien COVID-19. 

"Kita harus tetap waspada, tetap terapkan prokes 5M," kata Nalendra.