Untuk Pertama Kalinya, Keluarga Kekaisaran Jepang Terima Vaksin COVID-19
Ilustrasi Keluarga Kekaisaran Jepang. (Wikimedia Commons/江戸村のとくぞう)

Bagikan:

JAKARTA - Tiga anggota senior keluarga Kekaisaran Jepang, menerima vaksin COVID-19, menurut sumber yang mengetahui perihal vaksinasi ini, seperti melansir Kyodo News, Selasa 1 Juni. 

Sumber tersebut mengatakan, vaksinasi dilakukan di fasilitas medis yang ada di kawasan Istana Kekaisaran Jepang di Tokyo, sekaligus menandai untuk pertama kalinya vaksinasi COVID-19 yang dikonfirmasi di antara para bangsawan.

Pangeran Hitachi (85) adik dari mantan Kaisar Akihito, istrinya Putri Hanako (80) dan Putri Nobuko (66), janda mendiang Pangeran Tomohito dari Mikasa, menerima vaksin COVID-19 di Rumah Sakit Rumah Tangga Kekaisaran.

Ketiganya mengikuti program vaksinasi negara yang menargetkan penduduk berusia 65 tahun ke atas. Program vaksinasi tersebut diluncurkan pada Bulan April lalu.  

Sementara itu, mantan Kaisar Akihito (87), mantan Permaisuri Michiko (86), Putri Yuriko (97) anggota tertua dari keluarga kekaisaran negara dan janda mendiang Pangeran Mikasa serta Putri Hisako (67) janda mendiang Pangeran Takamado juga memenuhi syarat untuk vaksinasi.

Sebelumnya, Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang mengatakan pada Bulan Mei, mereka tidak akan mengumumkan status vaksinasi anggota keluarga kerajaan karena menyangkut informasi pribadi.

Untuk diketahui, melansir worldometers Selasa 1 Juni, total kasus infeksi COVID-19 di Jepang mencapai 744.487 kasus, dengan 12.967 kematian. Sebanyak 675.877 pasien berhasil disembuhkan, sementara kasus aktifnya tercatat sebanyak 55.643 kasus.