Pasien Sembuh COVID di Purbalingga Capai 5.469 orang, Dinkes: Pandemi Belum Berakhir, Masih Ada Peningkatan
Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono (Foto: ANTARA/HO-Humas Purbalingga)

Bagikan:

PURBALINGGA - Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menyatakan, jumlah pasien sembuh COVID-19 per Senin, 31 Mei sebanyak 5.469 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono mengatakan, untuk total kasus di hari ini menyentuh 5.886 orang, dengan perincian 5.469 di dinyatakan sembuh, 262 meninggal dunia, 111 orang melakukan isolasi mandiri dan 44 orang masih dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan.

Berdasarkan data data ini diketahui masih terdapat peningkatan kasus COVID-19. 

"Tentunya data ini menjadi pengingat bagi seluruh pihak di wilayah ini bahwa pandemi belum berakhir, masih terdapat tren peningkatan kasus COVID-19, sehingga protokol kesehatan masih harus terus diperkuat," jelasnya di Purbalingga dilansir dari Antara, Senin, 31 Mei. 

Dinkes juga terus menggencarkan sosialisasi mengenai protokol kesehatan agar masyarakat tetap disiplin.

"Tujuannya agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan sekaligus dalam rangka mengantisipasi lonjakan COVID-19," katanya.

Dia menambahkan, Pemkab Purbalingga secara berkala selalu mengingatkan agar protokol kesehatan terus diperkuat untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Upaya ini juga membutuhkan dukungan masyarakat sehingga kami mengajak masyarakat untuk senantiasa memperkuat protokol kesehatan dan terapkan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas," katanya.

Dinkes juga terus menggencarkan sejumlah upaya untuk mempercepat penanganan COVID-19 termasuk program vaksinasi bagi kelompok lanjut usia. Hingga 24 Mei 2021 sudah ada 13.710 lansia yang mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

"Dari 13.710 lansia itu, 11.201 di antaranya telah mendapatkan dosis kedua atau dosis lengkap," katanya.