Kilatan Cahaya di Merapi yang Viral Disebut Meteor Terekam CCTV, Ini Kata BPPTKG
Meteor di puncak gunung merapi (Gunarto_song/Twitter @Merapi_uncover)

Bagikan:

JAKARTA - Jagat dunia maya dibikin heboh dengan foto kilatan cahaya yang disebut-sebut sebagai meteor. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengunggah video rekaman CCTV.

“Sehubungan dengan beredarnya berita tersebut, dapat kami sampaikan bahwa kamera CCTV yang berada di Deles (sisi timur Gunung Merapi) sempat merekam kilatan cahaya pada tanggal 27 Mei 2021 pukul 23.08.10 WIB,” demikian keterangan BPPTKG lewat akun Instagram bpptkg, Jumat, 28 Mei. 

“Tidak terdapat sinyal yang signifikan dari data kegempaan dan tidak dilaporkan terdengar suara atau terlihat kilatan cahaya dari pos-pos pemantauan Gunung Merapi,” sambung BPPTKG.

BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi punya tugas salah satunya melakukan mitigasi Gunung Merapi. Namun BPPTKG tidak memiliki tugas untuk mengamati benda langit.

“Sehingga kami tidak bisa memastikan benda apa yang terlihat dalam gambar tersebut,” lanjut BPPTKG.

Saat ini aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih cukup tinggi yaitu berupa aktivitas erupsi efusif yang ditandai dengan aktivitas pertumbuhan kubah lava, guguran, dan awan panas guguran.

Terbaru, awan panas guguran Merapi terjadi pukul 19.23 WIB. Tercatat di seismogram dengan amplitudo 60 mm dan durasi 145 detik. Jarak luncur awan panas disebut BPPTKG 2 km ke arah barat daya.