Wamenkes: Ada 54 Kasus Mutasi COVID-19 di Indonesia
UNSPLASH

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyebut saat ini sudah ditemukan 54 kasus mutasi COVID-19 di Indonesia, mulai dari B1187, B1617, dan B1351.

"Secara keseluruhan, kami sudah mendapatkan 54 kasus varian of concern. Ini adalah mutasi yang berasal dari India, Afrika Selatan, dan Inggris," kata Dante dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Senin, 24 Mei.

Dari 54 kasus varian baru COVID-19 yang ditemukan, 35 kasus di antaranya adalah varian kasus yang berasa dari migran dari luar Indonesia. Lalu, ada 19 kasus berasal dari penularan di Indonesia.

"Jadi sudah ada kontak internal, sudah ada penyebaran secara internal dari varian of concern tersebut," ujar Dante.

Terbaru, pemerintah juga memperhatikan ada kasus kluster kapal di Cilacap. Ada 14 anak buah kapal (ABK) tercatat positif virus B1617 dari India. Sebagian ABK telah dinyatakan sembuh. 

Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN) Airlangga Hartato menyebut ada tindak lanjut dari kasus kluster kapal dengan jenis varian baru.

"Arahan bapak presiden bahwa untuk kapal dan pelabuhan diprioritaskan untuk dilaksanakan vaksinasi dan khusus untuk kapal yang pernah atau pun berasal dari India untuk dilakukan isolasi di kapal selama 14 hari," ucap Airlangga.

"Jadi, artinya kita isolasi langsung di kapal bagi barang atau cargo yang pernah masuk ke India," imbuhnya