10 Kasus Dugaan Korupsi Besar di Papua, KPK: Benar Sedang Didalami
Ilustrasi (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang mendalami kasus dugaan korupsi di Papua. Pengumpulan data dan memeriksa pihak-pihak yang terkait pun sedang dilakukan.

"Saat ini KPK benar sedang melakukan pendalaman lebih lanjut dengan melakukan pengumpulan sejumlah data dan permintaan keterangan pada pihak-pihak terkait adanya dugaan korupsi di wilayah Papua," ucap Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Sabtu, 22 Mei.

Tapi, Ali enggan merinci soal data yang sedang didalami. Termasuk siapa saja yang sudah dimintai keterangan dalam rangka penyelidikan kasus ini.

Hanya ditegaskan, perkara korupsi yang sedang didalami berkaitan dengan pengadaan dan lainnya. "Dugaan korupsi tersebut diantaranya terkait pengadaan, suap dan gratifikasi," kata dia.

Di sisi lain, Ali juga meminta masyarakat untuk bersabar menunggu proses penyelidikan. Nantinya, setiap perkemabangan akan disampaikan secara transparan.

"Setiap perkembangannya akan kami sampaikan lebih lanjut pada waktunya nanti, setelah seluruh kegiatan selesai dilakukan," tandas dia.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD mengungkap pemerintah menemukan ada 10 kasus korupsi besar yang terjadi di Papua. Selanjutnya, pemerintah bakal menindak praktik tersebut.

Temuan ini didapatkan dari laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Intelijen Negara.

"Kita sudah punya 10 kasus korupsi besar yang juga ini akan dilakukan penegakan hukum terhadap mereka," kata Mahfud kepada wartawan, Rabu, 19 Mei.