Sapu Tangan Berusia 200 tahun Milik Napoleon Bonaparte akan Dilelang
Ilustrasi Napoleon Bonaparte (Sumber: Commons Wikimedia)

Bagikan:

JAKARTA - Rumah lelang Osenat di Fontainebleau dekat Paris akan melelang barang-barang milik mantan Kaisar Prancis, Napoleon Bonaparte. Lelang dilakukan dalam rangka memperingati 200 tahun kematiannya.

Salah satu benda yang dilelang adalah sapu tangan bekas miliknya yang berusia 200 tahun. "Benda-benda berharga ini diberikan kepada ayah saya oleh Jenderal de Montholon sekembalinya dari St Helena," tulis pernyataan sumpah yang menyertai benda-benda itu.

Pernyataan itu ditandatangani oleh "adipati kedua Bassono” dan dikutip CNA, Sabtu, 15 Mei. Selain saputangan, benda-benda lain milik Napoleon yang akan dilelang adalah tas sutra putih dan kain yang digunakan dalam otopsi.

Barang-barang itu diperoleh oleh Montholon karena dirinya dan Napoleon berteman akrab. Bahkan Montholon terlibat dalam membantu proses otopsi Napoleon pada 6 Mei 1821 di St Helena.

Berdasarkan sejarah, Napoleon diasingkan ke St Helena pada tahun 1815, tepat setelah kekalahannya oleh Inggris di Pertempuran Waterloo. Dia meninggal di sana enam tahun kemudian.

Sementara itu, Osenat sendiri adalah rumah lelang yang terkenal dengan penjualan benda-benda dari masa monarki dan kekaisaran Prancis. Rumah lelang tersebut memiliki beberapa barang yang memiliki nilai tinggi untuk dijual, termasuk sketsa persiapan oleh Jacques-Louis David, yang membuat lukisan penobatan Napoleon yang terkenal oleh Paus Pius VII.