Menhub Budi Karya Perintahkan PT KCI Tambah Petugas di Stasiun Manggarai
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta agar petugas di Stasiun Manggarai, Jakarta ditambah. Sebab diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah penumpang KRL Commuter Line saat akhir pekan.

Menhub memprediksi akan terjadi peningkatan hingga 300 ribu sampai 400 pada Sabtu, 15 Mei hingga Minggu, 16 Mei. Sementara untuk hari ini, tercatat 200 ribu penumpang menggunakan moda transportasi ini.

"Untuk mengantisipasi kepadatan itu, saya meminta kepada PT KCI untuk benar-benar mengawal protokol kesehatan dan pembatasan kapasitas maksimal penumpang. Petugas perlu ditambah dan lakukan dengan profesional," kata Budi dalam konferensi pers, Jumat, 14 Mei.

Budi Karya meminta pengecekan kesehatan diintensifkan secara acak atau random menggunakan rapid tes antigen di sejumlah stasiun keberangkatan yang berpotensi mengalami penumpukan penumpang. Hal ini untuk mencegah penularan COVID-19.

Sedangkan ntuk mengendalikan pergerakan transportasi di kawasan aglomerasi, Menhub meminta kepada Pemerintah Daerah di wilayah aglomerasi seperti Jabodetabek, Medan, Semarang, Surabaya, Bandung, dan Makassar untuk melakukan pemetaan lokasi yang kemungkinan terjadi kepadatan untuk mencegah potensi terjadi penyebaran COVID-19.

"Pergerakan transportasi di aglomerasi memang diperbolehkan, tetapi protokol kesehatan harus tetap dijaga dan jangan sampai terjadi kerumunan yang tidak terkendali," ungkapnya.

Sebelumnya, Budi Karya juga melakukan peninjauan di Pelabuhan Kaliadem ke Kepulauan Seribu. Menhub memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah penumpang sehingga pengecekan secara acak dilakukan lebih masif.

Meski begitu, pemberlakuan pembatasan kapasitas kapal sebesar 50 persen dari kapasitas maksimal tetap dilakukan demi mencegah penularan COVID-19. Bahkan, dia meminta kapasitas itu dikurangi jika kapal terlalu padat.