Waspada, 16 Provinsi Ini Berpotensi Hujan Lebat Hingga Esok Hari
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat 16 provinsi yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat hingga Sabtu, 15 Mei besok.

Provinsi tersebut meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selata, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

BMKG juga juga mengeluarkan status "waspada" terhadap 16 provinsi tersebut. Hal ini berkaitan potensi terjadinya banjir, banjir bandang, dan tanah longsor yang dapat dipicu oleh faktor cuaca.

Kapusdatinkom Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati meminta pemerintah daerah dari 16 provinsi untuk meningkatkan kewaspadaan atas potensi bencana banjir hingga tanah longsor.

"BNPB mengimbau seluruh pemangku kebijakan di daerah baik tingkat Gubernur hingga RT dan RW serta masyarakat untuk waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi," kata Raditya dalam keterangannya, Jumat, 14 Mei.

Selain itu, Raditya juga meminta masyarakat mengakses informasi peringatan dini cuaca secara mendiri hingga tingkat kecamatan melalui aplikasi InfoBMKG.

BNPB juga mencatat ada lima kabupaten yang terdampak bencana hidrometeorologi pada hari Raya Idulfitri 1442 H, Kamis, 13 Mei kemarin.

Lima wilayah tersebut terdampak banjir hingga longsor. Di antaranya adalah Kabupaten Tanah Bumbu dan Hulu Sungai Tengah di Kalimantan Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu di Kalimantan Barat, Kabupaten Simalungun di Sumatera Utara dan Kabupaten Wajo di Sulawesi Selatan.

"Rata-rata bencana tersebut terjadi setelah sebelumnya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat melanda masing-masing daerah dan memicu luapan beberapa daerah aliran sungai (DAS)," ungkap Raditya.