Prakiraan Cuaca 16 Agustus 2022: Sumatera, Jawa dan Kalimantan Berpotensi Hujan
Ilustrasi cuaca berawan. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia termasuk beberapa provinsi di Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

Dikutip dari situs BMKG, Selasa 16 Agustus, daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat berada di wilayah Provinsi Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Terdapat juga potensi hujan di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Hujan dengan intensitas lebih ringan diprakirakan juga dapat terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan Timur.

Sementara itu, berdasarkan laporan Antara, angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta hujan dengan intensitas sedang diprakirakan turun di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur pada siang hari.

Untuk hujan ringan berpotensi terjadi di Jakarta Utara pada siang hari dan pada malam hari diprakirakan turun di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

BMKG juga memperingatkan sejumlah provinsi masuk dalam kategori waspada dampak hujan lebat seperti banjir yaitu wilayah di Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.