Sedia Payung, BMKG Memprakirakan Cuaca akan Hujan di Sejumlah Daerah Indonesia, Juga Jakarta
Prakiraan cuaca BMKG untuk hari ini akan terjadi hujan di sejumlah wilayah di Indonesia, juga Jakarta. (Foto Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca akan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang melanda sejumlah daerah di Indonesia. Sedangkan Jakarta juga akan mengalami hal yang sama, namun hujan diprediksi baru akan terjadi sore hingga malam.

Dari pantauan Antara di laman resmi BMKG di Jakarta, Sabtu, cuaca tersebut berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung.

Cuaca serupa juga diprakirakan terjadi Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku Utara, dan Papua.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Riau, DKI Jakarta, dan Papua Barat. Wilayah yang berpotensi angin kencang yakni Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, dan Maluku.
foto 

Citra untuk prakiraan cuaca di skeitar Sumatera. (Twitter @BMKG)
Citra untuk prakiraan cuaca di skeitar Sumatera. (Twitter @BMKG)

Banjir berpotensi melanda Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat dan Sulawesi Tengah. BMKG juga mengatakan adanya potensi kebakaran hutan di Nusa Tenggara Timur.

Sore Hujan di Jakarta

Sementara itu BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir di dua wilayah DKI Jakarta pada Sabtu sore nanti.

Kedua wilayah tersebut adalah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, yang diprakirakan diguyur hujan ringan sejak siang hari sebagaimana juga untuk Jakarta Barat, demikian dikutip dari laman resmi BMKG di Jakarta, Sabtu.

Pada saat bersamaan, di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, diprakiarakan mengalami cuaca berawan.

Jakarta akan berawana dan terjadi hujan sore hingga malam. (Foto Antara)
Jakarta akan berawan dan terjadi hujan sore hingga malam. (Foto Antara)

Sementara itu untuk pagi, malam dan dini hari menjelang Minggu (15/8/2021), seluruh wilayah DKI Jakarta diprakirakan mengalami cuaca cerah berawan.

Suhu sepanjang hari Sabtu berkisar pada 24 sampai 33 derajat Celsius dengan tingkat kelembapan udara 55 sampai 85 persen.

Itulah prakiraan cuaca dari BMKG yang akan terjadi di sejumlah wilayah yang akan dilanda hujan. Semoga bisa menjadi panduan untuk Anda yang akan melakukan aktivitas terutama di luar ruangan. Baiknya, Anda sedia payung sebelum hujan!