Tetap Jaga Prokes saat Lebaran, Fadli Zon: Kesadaran akan COVID-19 itu Penting
Fadli Zon/Antara

Bagikan:

JAKARTA - Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan saat hari raya Idulfitri nanti. 

Menurutnya, tidak terhindarkan di hari lebaran pasti orang akan tetap saling berkunjung, namun sebaiknya perkumpulan dibatasi. 

"Mungkin keluarga terdekat dan terutama sudah jelas tidak ada openhouse tidak ada kerumunan besar namun biasanya pasti diantara keluarga saudara tetap saja," ujar Fadli dihubungi VOI, Senin malam, 10 Mei.

Paling penting, sambungnya, adalah menjaga protokol kesehatan, tidak lupa pakai masker dan handsanitizer. 

"Kalau perlu tidak usah salaman, cukup dari jauh dan mungkin kalau tidak berjauhan ya menjaga jarak," kata mantan wakil ketua DPR itu.

Politikus Gerindra itu menilai, perlu menjadi perhatian masyarakat untuk tetap patuh kepada anjuran pemerintah sebagai upaya mengendalikan pandemi COVID-19.

"Mudik walaupun sudah dilarang tapi tetap saja ada yang mudik. Saya kira sama juga dan disitu yang perlu perhatian lebih serius karena mereka ada yang dikota-kota besar dikampung-kampung jangan sampai justru nanti menimbulkan klaster-klaster baru," jelas legislator Jawa Barat itu.

 

Akan tetapi, kata Fadli, yang paling utama adalah kesadaran masyarakat soal adanya covid itu sendiri. Sebab, jika pengawasan sudah ketat namun tak dipatuhi tetap saja pandemi masih menyandera.

"Pengawasan pun menurut saya tidak mudah, paling penting adalah kesadaran dari kita dan percaya bahwa ini adalah serius karena masih ada yang tak percaya bahwa covid itu ada," tandas Fadli Zon.