Wali Kota Makassar Danny Pomanto Tegaskan Lapangan Karebosi Ditutup, Salat Id di Masjid
DOK ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar rakor membahas persiapan pelaksanaan salat Idul Fitri 1422 Hijiriah di tengah pandemi COVID-19.

"Lapangan Karebosi kita tidak buka, karena akan ada 1,2 juta umat Islam ingin berkonsentrasi melaksanakan salat Idul Fitri di situ. Jadi tidak boleh ada konsentrasi keramaian yang besar," kata Ramdhan di Balai Kota Makassar, dikutip Antara, Kamis, 6 Mei.

Untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, akibat terjadinya kerumunan, Danny Pomanto mengatakan konsep salat Idul Fitri disiapkan pemerintah.

Untuk mengantisipasi terjadi konsentrasi kerumunan saat salat Idul Fitri, Pemkot Makassar mempunyai alternatif dengan mengurai kerumunan.

"Kita punya konsep mengurai keramaian dengan beberapa alternatif saat pelaksanaan salat Idul Fitri nanti. Jadi kita sepakat bersama Forkopimda dan ulama penguraiannya berdasarkan lokasi shalat yang ditunjuk RW dan RT di masjid sekitarnya. Kemudian menggunakan jalan-jalan raya yang besar," katanya.

Dia mengatakan alternatif pertama memilih ruang terbuka oleh RW maupun RT masing-masing, seperti di lapangan maupun jalanan yang ruas jalannya besar. Kedua, membuka ruang terbuka dan membuka masjid setempat.

"Ini biasanya pada RW-RT yang penduduknya besar sekali. Dan kita konsentrasikan di masjid, kemudian dengan 'backup' ruang terbuka di sekitar masjid, baik itu jalanan maupun lapangan masjid," katanya.

Terkait alternatif itu, katanya, diserahkan kepada masing-masing RW.

"Nah alternatif ini kita serahkan ke masing-masing RW untuk memilih sesuai kondisinya daerahnya masing-masing," imbuh Danny.

Sementara itu, Kapolrestabes Makassar Kombes Witnu Urip Laksana menegaskan untuk mendukung pelaksanaan Shalat Idul Fitri di masjid dan jalan besar, pihaknya siap mengamankan pelaksanaan salat Id tersebut.

"Kami minta para camat untuk berkoordinasi bersama kapolsek agar pelaksanaan salat Id dapat berjalan dengan lancar. Kami siap bekerja sama dengan camat pengamanan shalat pelaksanaan Shalat Idul Fitri," ujarnya.

Rakor tersebut juga dihadiri seluruh unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD ) lingkup Pemerintah Kota Makassar, camat, tokoh agama, alim ulama.