Tak Khawatir Basis Massa Direbut, PPP Justru Berharap Partai Ummat Perkuat Koalisi Parpol Islam
Deklarasi Partai Ummat (Youtube Amien Rais)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Ummat mendapat sambutan positif di kancah perpolitikan nasional. Ketua Fraksi PPP DPR, Amir Uskara berharap hadirnya partai besutan Amien Rais itu bisa memperkuat koalisi partai islam di parlemen nantinya. 

“Kekuatan fraksi partai berbasis islam akan semakin kuat dan akan mempermudah membantu kepentingan umat di parlemen,” ujar Amir, Senin, 3 Mei.

Meski sama-sama parpol Islam, PPP tak khawatir Partai Ummat bakal merebut ceruk suara partai berlambang Ka'bah itu. Sebab, keduanya memiliki basis pemilih yang berbeda.

"Kalau bisa ambil suara diluar basis yang sudah digarap partai Islam," kata Amir.

Sebelumnya Partai Ummat menyatakan partainya juga terbuka bagi non muslim untuk mendaftar sebagai anggota.

Amir mengatakan, pihaknya siap bekerjasama dengan parpol lainnya termasuk Partai Ummat. “PPP siap bekerjasama dengan partai mana pun selama untuk kemajuan bangsa dan negara,” ujar Wakil Ketua Umum PPP itu.

Sebelumnya, Ketua Bidang Organisasi DPP Partai Golkar Zulfikar Arse Sadikin mengucapkan selamat datang kepada Partai Ummat. Dia berharap partai besutan Amien Rais itu menjadi alternatif baru untuk menyalurkan aspirasi masyarakat.

Menurutnya, Partai Ummat merupakan partai Islam yang hadir memperkuat sistem presidensial untuk membangun kompatibilitas kepartaian. Namun, pihaknya ingin ada partai islam yang moderat. 

"Kita lebih menginginkan hadirnya parpol yang moderat. Artinya kita lebih menginginkan parpol itu plural tapi moderat," ucap Zulfikar kepada VOI, Jumat, 30 April.