Polri-TNI Masih Berupaya Tangani Teroris KKB di Papua, Negara Tak Boleh Kalah
Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Rusdi Hartono (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Polri bersama TNI masih berupaya menangani kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua yang kini dilabeli pemerintah sebagai teroris. Polri-TNI ingin menjamin keamanan di Papua. 

“(Terkait penanganan teroris), yang jelas, di sana kan sudah bekerja TNI dan Polri bersama-sama bersinergi di sana. bagaimana menciptakan tanah Papua yang damai, tanah Papua yang aman. Terhadap kelompok-kelompok yang disebut teroris di sana, tentunya TNI dan Polri terus melakukan upaya-upaya penegakkan hukum terhadap kelompok ini,” kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Rusdi Hartono di Mabes Polri, Senin, 3 Mei. 

Yang pasti, Polri menegaskan negara tak boleh kalah dengan KKB. Karena itu upaya keras menumpas teroris KKB terus dilakukan.

“Saat ini masih berjalan upaya-upaya yang dilakukan TNI dan Polri. Tentunya TNI dan polri akan berusaha keras, sekali lagi bagaimana menciptakan tanah Papua yang aman dan damai. Yang prinsipnya tentunya negara tidak boleh kalah dengan kelompok-kelompok ini,” tegas Brigjen Rusdi.

Satgas gabungan sudah memetakan KKB di Papua. Penanganan terhadap KKB dilakukan dengan UU Terorisme. 

“Kalau memang sudah digolong dalam kelompok terorisme tentunya menggunakan UU itu,” kata dia. 

“Ketika mereka diberikan label terorisme dikenakan UU Pemberantasan Terorisme,” sambung Brigjen Rusdi.

Soal pelibatan Densus 88 Antiteror Polri, saat ini menurut Rusdi masih dalam kajian.