Teruntuk Warga Pekanbaru, Wali Kota Mengimbau Berbukalah di Rumah, karena Lebih Aman dan Sehat
Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT. (HO Humas Pemkot Pekanbaru)

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT mengimbau warganya untuk berbuka puasa bersama keluarga di rumah guna meminimalkan risiko penularan COVID-19.

"Lebih baik buka puasa di rumah, lebih aman dan sehat," kata Firdaus di Pekanbaru, dilansir Antara, Jumat, 16 April.

"Mereka yang hendak buka bersama hanya bisa mengisi 50 persen dari kapasitas rumah makan. Mereka juga harus disiplin dalam mengikuti protokol kesehatan kalau buka puasa di luar," katanya.

Menurut instruksi Wali Kota Pekanbaru, hotel dan restoran yang menyediakan layanan buka puasa bersama harus membatasi pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas ruangan.

Instruksi Wali Kota Pekanbaru tentang pelaksanaan kegiatan selama Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah pada masa pandemi COVID-19 juga membatasi masa buka warung makan, kedai kopi, kafe, dan tempat pelayanan sejenis dari pukul 16.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Namun menurut ketentuan tersebut tidak mencakup fasilitas restoran di hotel, yang tetap diperbolehkan buka sebagaimana biasa dengan syarat mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona.

"Para pengelola bisa mengutamakan layanan take away atau dibawa pulang, sedangkan saat malam hingga imsak diimbau menggunakan jasa kurir," kata Firdaus.