Besok! Umat Islam Jalankan Puasa Ramadan, Malam Ini Tarawih
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (Foto Twitter Menag)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan puasa atau awal Ramadan jatuh pada Selasa esok hari, 13 April 2021. 

Menteri Agama Yaqut Cholil Coumas mengatakan keputusan ini diambil sesudah adanya laporan di 13 daerah yang menyaksikan hilal.

Menag menginformasikan penetapan 1 Ramadan, setelah menyelenggarakan sidang Isbat yang dihadiri perwakilan ormas Islam dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan beberapa perwakilan dari negara sahabat.

"Disidang isbat tadi kami sudah mendapat laporan sudah ada 13 orang yang menjalankan sumpah menyaksikan bahwa hilal sudah dilihat. Sehingga keputusan dari sidang isbat tanpa ada perbedaan, bersepakat kami menetapkan bahwa 1 Ramadan 1442 H jatuh pada tanggal 13 April 2021, Selasa besok pagi" ujar Menag Yaqut dalam konferensi pers secara virtual, Senin 12 April.

Menag Yaqut juga mengumumkan bahwa malam hari ini ummat muslim Indonesia sudah dapat menjalankan ibadah salat tarawih.

"Jadi malam ini kita sudah bisa salat tarawih dan nanti malam kita makan sahur, setelah subuh kita mulai menjalankan ibadah puasa," terangnya.

Menag Yaqut juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada saudara-saudara muslim yang menjalankan.

"Mari kita ciptakan suasana Ramadan dengan kekhusukan, dengan ketenangan tanpa kita ciderai dengan hal-hal yang menjauhkan kita dari hikmah Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan," tandas Menag Yaqut.