Bagikan:

JAKARTA - Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan pada Hari Selasa, Ukraina perlu mengamankan dan mengerahkan rudal-rudal canggih, untuk mencapai hasil yang lebih cepat dengan rudal-rudal tersebut di medan perang.

Berbicara dalam pidato video malamnya, Presiden Zelensky mengatakan pertemuan dengan para komandan tertinggi telah dikhususkan untuk pengembangan pasokan senjata dalam negeri dalam perang selama lebih dari dua setengah tahun melawan Rusia.

Hal ini, katanya, melibatkan pesawat tak berawak, peperangan elektronik, dan yang terpenting, mengerahkan rudal yang akan menuai manfaat cepat dalam konfrontasi di medan perang dengan pasukan Rusia.

"Penekanan khusus diberikan pada program rudal nasional kami di semua elemennya. Dalam semua pencapaian rudal Ukraina, harus ada lebih banyak pencapaian tempur baik di garis depan maupun di wilayah Rusia," kata Presiden Zelensky, melansir Reuters 9 Oktober.

"Hasil dibutuhkan lebih cepat. Dan semua tugas yang relevan sekarang sedang dilakukan," sambungnya.

Diketahui, sejak invasi skala penuh Rusia pada Februari 2022, Ukraina telah meminta mitra Baratnya, terutama Amerika Serikat, untuk memasok rudal jarak jauh yang canggih.

Di sisi lain, Ukraina juga berfokus pada pengembangan industri persenjataan dalam negeri dengan cepat. Sebagian besar fokusnya adalah pada pesawat tak berawak, dengan Presiden Zelensky menyerukan tahun lalu agar 1 juta pesawat tak berawak diproduksi pada tahun 2024, tetapi para pejabat juga menekankan pentingnya pengembangan rudal.

Bulan ini, Menteri Pertahanan Rustem Umerov mengatakan Ukraina akan mengumumkan dalam beberapa bulan mendatang pengembangan rudal baru, termasuk rudal balistik.