Pertemuan Biden dan Zelenksy, Bahas Panjang Lebar Soal Serangan Rusia
Presiden Volodymyr Zelensky bersama Joe Biden. (Twitter/@WhiteHouse)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kedatangan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Amerika Serikat disambut oleh Joe Biden di Gedung Putih. Kunjungan ini menjadi perjalanan keluar negeri pertama Zelensky sejak perang Rusia dan Ukraina pada 24 Februari 2022. 

Presiden AS dan Zelensky mengadakan pertemuan bilateral antara pejabat tinggi dari kedua negara. Dalam konferensi pers bersama, Joe Biden mengungkapkan akan terus membantu Zelensky ketika dibutuhkan. 

Anggota parlemen AS berkumpul di Gedung Capitol untuk menyimak pidato dari Presiden Ukraina. Zelensky menyampaikan pidato bersejarah di hadapan kongres AS pada Rabu (21/12). 

Pesan Zelensky di Kongres Amerika

Pidato Zelensky mendapat tepuk tangan meriah dari para peserta Kongres AS. Sebelumnya, pemimpin Ukraina tersebut membahas kondisi perang di negaranya. Dia membandingkan perjuangan Ukraina dengan pertempuran AS di Perang Dunia II dan Revolusi Amerika. 

Zelensky membandingkan pertahanan Ukraina dari serangan Rusia dengan suksesnya pertahanan pasukan Amerika saat melawan Jerman dalam Pertempuran Bulge tahun 1994. Ukraina menguatkan pertahanan melawan pasukan Rusia di timur negara di sekitar Bakhmut. 

“Kami orang Ukraina juga akan menjalani perang kemerdekaan kami dengan bermartabat dan sukses,” kata Zelenksy.

Zelensky mengharapkan titik balik dalam perang Ukraina pada 2023 mirip kemenangan revolusioner Amerika di Saratoga. Pada perjalanan perang tahun 1777 tersebut, Amerika sukses mengalahkan pasukan dari kekaisaran Inggris di Upstate New York.

Yang Dibahas dalam Pertemuan Joe Biden dengan Zelensky?

Sebelum pertemuan Presiden Ukraina dan Presiden AS berlangsung, Zelensky membuat cuitan lewat akun Twitternya, mengatakan pertemuan mereka akan fokus membahas penguatan ketahanan dan kemampuan bertahan Ukraina. 

Presiden Ukraina tiba di South Lawn Gedung Putih dengan Chevrolet hitam, memakai sweater hijau zaitun khasnya dan celana kargo. Zelenksy berdiri di antara Biden dan istrinya Jill untuk berfoto. 

Zelensky akan melakukan pembicaraan dengan Biden untuk meningkatkan pertahanan Kyiv melawan invasi Rusia yang menghancurkan. Setelah mengikuti konferensi pers, Zelensky mengikuti Kongres di Capitol Hill untuk membahas pertemuan bersama Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat. 

Zelensky menyampaikan ungkapan terima kasih dan penghargaan kepada Biden, Kongres AS, dan warga Amerika atas dukungan Mereka. Zelensky memberi medali Ukraina kepada Biden untuk jasa militer yang telah diberikan. Biden mengatakan akan memberikan medali tersebut kepada kapten. 

“Kamu adalah pria terbaik tahun ini,” kata Zelensky. 

Biden mengungkapkan bahwa Rusia di bawah kepemimpinan Vladimir Putin telah meningkatkan serangan terhadap warga sipil. Biden juga mengatakan bahwa Rusia memanfaatkan musim dingin sebagai senjata. 

Bantuan Amerika kepada Ukraina

Sebelum pertemuan Zelensky dan Biden, Menlu AS Antony Blinken menyampaikan paket bantuan militer senilai USS 1,85 miliar untuk Ukraina. Bantuan yang diberikan meliputi sistem rudal Patriot. Rusia  sudah memperingatkan agar rudal tersebut tidak dikirimkan ke Ukraina. 

Demikianlah informasi pertemuan Presiden Ukraina Zelenksy dengan Presiden AS Joe Biden. AS menyatakan jaminan dukungan kepada Ukraina di tengah serangan yang terus digencarkan oleh Rusia.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.