Bagikan:

JAKARTA - Laboratorium Indonesia 2045 (LAB 45) menyiapkan sejumlah rekomendasi untuk Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang akan dibahas dalam sebuah seminar nasional di Auditorium Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) Jakarta pada Selasa 8 Oktober.

Kepala LAB 45 Jaleswari Pramodhawardani menyebutkan rekomendasi itu akan dibahas dalam rangkaian acara seminar nasional bertemakan "Evaluasi Kebijakan Presiden Joko Widodo: Bidang Politik Keamanan, Ekonomi, dan Media" oleh para pakar atau analis sesuai bidang dalam kegiatan itu.

"Untuk menjadikan landasan untuk membenahi dan melanjutkan apa yang sudah pernah dilakukan sebelumnya," kata Jaleswari di Perpusnas Jakarta, Jumat 4 Oktober

Seminar itu bakal terdiri dari dua sesi. Sesi pertama akan membahas politik keamanan dengan tema "Modernisasi TNI di bawah Jokowi: Profesional atau Politis?" Adapun sebagai presiden sipil pertama sejak era reformasi, Jokowi telah memulai sejumlah langkah modernisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Pembahasan itu akan mengevaluasi dan memberikan gambaran tentang bagaimana kebijakan Jokowi dalam memperkuat pertahanan nasional serta tantangan yang dihadapi untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan negara.

Pada sesi kedua, seminar akan membahas ekonomi politik bertemakan "Kecemasan Kelas Menengah: Terhimpit Transformasi Ekonomi". Sesi ini bakal merekomendasikan terkait realitas ekonomi terkini kelas menengah menengah yang mengalami tekanan akibat transformasi ekonomi.

Diskusi ini pada akhirnya mengupas bagaimana kebijakan ekonomi Presiden Jokowi mempengaruhi daya tahan kelas menengah dan apa yang perlu dilakukan untuk memperbaiki situasi ini pada masa pemerintahan selanjutnya.

LAB 45 diketahui merupakan lembaga kajian yang ingin menyelaraskan ilmu pengetahuan dengan praktik empiris dari kebijakan pemerintah untuk pembenahan ke depan.