Ibadah Jumat Agung di Jakarta Barat Dijaga 2.500 Aparat Keamanan
Polri Sat lantas Jakbar pengamanan& pengaturan kegiatan Jumat Agung di Gereja Trinitas Cengkareng Jakbar(Twitter @TMCPoldaMetroJaya)

Bagikan:

JAKARTA - Hari ini, sebanyak 2.500 personel gabungan aparat keamanan diterjunkan untuk mengamankan perayaan Jumat Agung dan Hari Raya Paskah di gereja-gereja di Jakarta Barat.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo mengatakan, kegiatan pengamanan Hari Raya Paskah tahun 2021 yang dilakukan sampai hari ini berlangsung dengan aman dan kondusif.

"Ada sekitar 2.500 personel gabungan yang diterjunkan dalam pengaman ibadah Jumat Agung maupun Minggu Paskah " kata Ady kepada wartawan, Jumat, 2 April.

Untuk saat ini, ada 120 gereja di Jakarta Barat yang merayakan Jumat Agung hingga Minggu Paskah. Di mana, sebanyak 48 gereja yang melakukan kegiatan ibadah secara daring (online) dan 72 gereja melaksanakan kegiatan dengan cara tatap muka.

Ady menjelaskan, rangkaian pengamanan selama beberapahari  ini mendapat dukungan dari Kodim 0503 Jakarta Barat dan pemerintah kota administrasi Jakarta barat. Sejumlah masyarskat juga ikut membantu dalam pengaman sampai Paskah nanti.

"Kami juga mendapat dukungan pengamanan dari Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya, yang diberikan untuk pengaman wilayah Jakarta Barat. Sehingga, kami bisa mengalokasikan atau menentukan pengamanan yang cukup maksimal," ungkap dia.

Melanjutkan, Dandim 0503 JB Kolonel Inf Dadang Ismail Marzuki mengatakan, dalam pengamanan ini, pihaknya juga mendapat bantuan dari kodam jaya sekitar 1 SSK dan  300 personil dari kodim 0503 JB.

"Pengamanan ibadah Jumat Agung dan paskah juga menurunkan 4 unit Anoa maupun Panther " tutur dia.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto menuturkan, kegiatan pengamanan semacam ini sudah sering dilakukan, baik pengamanan Paskah maupun perayaan besar lainnya.

"Dalam pengamanan ini pihaknya juga telah berkoordinasi baik dari Polres Metro Jakarta Barat maupun kodim 0503 JB, sehingga dapat memetakan titik wilayah yang mendapatkan pengamanan," ujar Uus.