Gelar Deteksi Dini, Kapolres Gresik Jamin Keamanan Ibadah Jumat Agung dan Paskah
ILUSTRASI/VOI

Bagikan:

GRESIK - Kapolres Gresik, Jawa Timur, AKBP Arief Fitrianto menjamin keamanan gereja di wilayahnya saat umat kristiani melaksanakan ibadah Jumat Agung dan Paskah. 

"Kami terus meningkatkan keamanan, demi kenyamanan masyarakat untuk beribadah. Insyaallah kami jamin aman," kata Arief, dikonfirmasi, Rabu, 31 Maret.

Arief menegaskan, pihaknya menyiagakan personel di setiap gereja di Gresik untuk meningkatkan pengamanan. Bahkan, petugas pengamanan rutin melakukan pengecekan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami juga melakukan paya-upaya pencegahan, seperti melakukan koordinasi dengan pengurus gereja, dan setiap kegiatan ibadah dikoordinasikan untuk dilakukan pengamanan sehingga jemaat yang ingin beribadah merasa aman dan nyaman," katanya.

Alumnus Akpol 2001 itu juga mengerahkan jajaran untuk melakukan deteksi dini serta menggeber kegiatan-kegiatan operasi di di lapangan. Polres Gresik tidak ingin kecolongan. 

"Di sisi lain kami meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan pengamanan pada titik-titik rawan gangguan kamtibmas," katanya.

Selain itu, Arief menyatakan seluruh Polsek jajaran telah dikerahkan untuk melakukan pengamanan di wilayah masing-masing, jelang hari sakral umat kristiani. 

Dalam pengamanan itu, petugas memantau langsung jalannya proses ibadah, mulai dari masuk-keluarnya jemaat, memeriksa identitas dan barang bawaan serta memastikan penerapan protokol kesehatan COVID-19.

"Ini dilakukan secara rutin untuk menjaga ketenangan serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi jemaat yang sedang menjalankan ibadah," kata mantan Kapolres Ponorogo itu.