Bagikan:

MATARAM - Sebanyak 53 orang santri Pondok Pesantren (Ponpes) Syeikh Zainuddin NW Anjani Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengalami keracunan massal usai menyantap nasi yang dibeli di salah satu rumah makan.

Kapolsek Suralaga Iptu Bambang Supriyanto mengatakan, kasus Keracunan massal tersebut terjadi Minggu malam, usai peringatan ad zikrol Hauliyah MDQH NW Anjani ke-53 yang bertempat di komplek Ponpes Syeikh Zainuddin NW Anjani.

“Para santri diduga keracunan setelah menyantap makanan yang diberikan oleh panitia,” katanya dilansir ANTARA, Senin, 23 September.

Usai menyantap nasi tersebut, tak berapa lama para santri mengalami rasa mual, pusing, muntah, bahkan saat buang air besar (BAB) encer.

Para korban langsung dibawa ke Puskesmas dan klinik terdekat, seperti Klinik Syeikh Zainuddin, PKM Lenek, Kerongkong dan PKM Pringgesela untuk mendapatkan perawatan intensif.

“Santri yang dinyatakan kondisinya sudah membaik diberikan untuk pulang, sedangkan yang belum membaik dirawat inap, dan kasus ini langsung di laporkan ke Polisi,” katanya.

Anggota Polsek yang mendapatkan laporan langsung menuju lokasi, serta melakukan olah TKP, termasuk membawa sisa nasi yang diduga sebagai penyebab para santri alami keracunan, untuk diperiksa di Balai POM.

“Kasusnya kini dalam penyelidikan,” katanya.

Jumlah santri yang alami keracunan makanan sebanyak 53 orang, dan para santri tersebut telah mendapat perawatan di puskesmas dan klinik terdekat.