Bagikan:

JAKARTA - Otoritas federal Amerika Serikat tengah bersiap untuk mengajukan tuntutan pidana atas dugaan serangan peretasan dan kebocoran oleh Iran terhadap tim kampanye calon Presiden Donald Trump, menurut sejumlah pihak yang mengetahui masalah ini.

Penyelidikan FBI difokuskan pada persona daring bernama "Robert" yang menghubungi wartawan Amerika, kata orang-orang ini, yang berbicara dengan syarat anonim untuk menjelaskan rincian penyelidikan yang sedang berlangsung.

Persona tersebut membagikan dokumen kampanye yang secara keliru mereka klaim diperoleh saat bekerja dengan kampanye Trump, kata orang-orang tersebut, dilansir dari The Washington Post 13 September.

Penyelidik mengatakan orang, atau orang-orang, yang menyamar sebagai Robert bertindak atas nama Pemerintah Iran dan menawarkan berkas data yang dicuri dari akun email penasihat Trump ke organisasi berita.

Dakwaan pidana dapat diajukan dalam hitungan hari, kata orang-orang ini.

Namun di sisi lain, juru bicara Departemen Kehakiman dan FBI menolak berkomentar.

Kendati tim kampanye Trump tidak segera berkomentar, namun di antara mereka yang menjadi target peretasan adalah salah satu pejabat paling senior tim kampanya, Susie Wiles, serta penasihat tim kampanye, kata orang-orang yang mengetahui penyelidikan ini.

Rincian lebih lanjut tentang tuduhan tersebut — dan siapa saja yang akan didakwa secara khusus — tidak segera tersedia.

Diketahui, ketika negara-negara asing melakukan serangan siber terhadap tokoh-tokoh AS, para pelaku sering kali tinggal di negara-negara yang tidak akan mengekstradisi mereka ke Amerika Serikat, sehingga kecil kemungkinan mereka akan diadili.

Namun, dalam dekade terakhir pejabat AS telah meluncurkan kampanye "nama dan rasa malu" terhadap para peretas di Rusia, Tiongkok, Iran dan Korea Utara dengan harapan dapat mencegah tindakan tersebut.

Sebelumnya, FBI dan badan intelijen AS menyimpulkan bulan lalu, Iran bertanggung jawab atas upaya peretasan baru-baru ini terhadap kampanye presiden Trump dan dan petahana Joe Biden serta Harris.

Sebelumnya, orang-orang yang mengetahui penyelidikan tersebut mengatakan mereka tidak melihat bukti akun penasihat Biden dibobol, meskipun mereka terus mengumpulkan bukti.

Belakangan, pejabat Departemen Kehakiman sekarang yakin mereka memiliki cukup bukti untuk mengajukan tuntutan pidana, kata orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Bukti yang ditinjau oleh para penyelidik mencakup setidaknya beberapa email "Robert" dengan wartawan, kata orang-orang tersebut. Persona tersebut menawarkan berkas kepada wartawan di The Washington Post dan Politico.

Tidak segera jelas bagaimana pihak berwenang dapat memperoleh pesan-pesan tersebut.

Sebagai bagian dari skema tersebut, staf kampanye menerima email phishing yang dirancang agar tampak sah tetapi dapat memberi penyusup akses ke komunikasi penerima, seperti dilaporkan The Post sebelumnya, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut yang berbicara dengan syarat anonim.

Sementara itu, Kepala Divisi Keamanan Nasional Departemen Kehakiman Matthew Olsen dalam pidato di New York kemarin memperingatkan, upaya negara-negara asing untuk ikut campur dalam pemilihan umum Amerika "menimbulkan bahaya yang jelas dan nyata bagi demokrasi kita."

Berbicara kurang dari dua bulan sebelum Hari Pemilihan, Olsen mengatakan Iran "melakukan upaya yang lebih besar untuk memengaruhi pemilihan tahun ini daripada yang telah dilakukannya pada siklus pemilihan sebelumnya."

"Aktivitas Iran semakin agresif menjelang pemilihan ini," katanya.

"Iran menganggap pemilihan tahun ini sangat penting dalam memengaruhi kepentingan keamanan nasional Iran, meningkatkan kecenderungan Teheran untuk mencoba membentuk hasilnya," lanjutnya.

Itu mengulangi peringatan FBI pada awal musim panas yang menyebut "Iran telah melalui rekayasa sosial dan upaya lain berupaya mengakses individu dengan akses langsung ke kampanye Presiden dari kedua partai politik."

Taktik semacam itu bukanlah hal baru. Pejabat intelijen AS mengatakan, upaya Teheran memicu perselisihan sosial di Amerika Serikat dan melemahkan upaya Trump untuk kembali menduduki Gedung Putih merupakan pengulangan upaya negara itu pada tahun 2020. Rusia juga telah memimpin serangan siber serupa.

"Iran dan Rusia telah menggunakan taktik ini tidak hanya di Amerika Serikat selama siklus pemilihan federal ini dan sebelumnya, tetapi juga di negara-negara lain di seluruh dunia," kata FBI dan badan intelijen AS dalam pernyataan bersama musim panas ini.

FBI diketahui mulai menyelidiki dugaan peretasan Iran yang ditujukan pada tim kampanye calon presiden AS pada Bulan Juni, sebelum Presiden Joe Biden mundur dari pencalonan dan mendukung Wakil Presiden Kamala Harris sebagai calon dari Partai Demokrat.

FBI menggandeng Google dan Microsoft, dua penyedia layanan email utama, untuk memeriksa apa yang tampak sebagai upaya phishing yang menargetkan orang-orang yang terkait dengan kampanye presiden.

FBI dan pakar keamanan komputer swasta mengatakan, Iran berada di balik email spear-phishing yang dikirim pada Bulan Juni kepada Roger Stone, penasihat informal Trump.

Itu berhasil para peretas berhasil mengendalikan akun email Stone dan mengirim pesan dengan tautan spear-phishing kepada orang lain, kata orang-orang yang mengetahui penyelidikan tersebut.

Stone sendiri telah mengakui telah dihubungi oleh FBI dan diberitahu bahwa emailnya telah diretas.