Bagikan:

JAKARTA - Kedatangan Paus Fransiskus dalam perjalanan apostolik ke Indonesia disambut hangat warga, khususnya umat Katolik. Salah satunya, Maria yang berasal dari Yogyakarta.

Tampak antusias, Maria mengangkat handphonenya untuk berswafoto di depan karangan bunga ucapan selamat datang Paus Fransiskus di depan Gereja Katedral, Jakarta. Meski matahari sempat menyengat panasnya tapi semangatnya tak surut.

“Saya aslinya dari Bangka Belitung. Tapi baru datang dari Yogyakarta spesial ke sini (Gereja Katedral, red) untuk bertemu Bapak Paus Fransiskus,” kata Maria saat berbincang dengan VOI di depan Gereja Katedral, Jakarta, Rabu, 4 September.

Maria mengaku terharu dengan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia. “Harapannya bisa bertemu secara langsung, ya, walaupun hanya bisa dadah-dadah di jalan,” ujarnya dengan senyum mengembang.

“Ingin banget karena belum pernah ke Vatikan. Jadi ke Jakarta saja dulu,” sambung Maria.

Ke depan, Maria berharap datangnya Paus bisa membawa pesan damai. “Bukan hanya untuk Indonesia tapi juga seluruh dunia,” katanya menutup obrolan.

Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus dalam rangkaian kunjungannya di Asia-Pasifik. Ini merupakan kunjungan Paus ke RI yang pertama sejak 35 tahun kunjungan Paus Yohanes Paulus II pada 1989.

Adapun berdasarkan jadwal yang dibagikan panitia pada Rabu, 4 September, Kepala Negara Vatikan itu melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta pada pukul 10.00 WIB.

Paus Fransiskus juga sudah bertemu dengan para pejabat pemerintahan, masyarakat sipil, dan korps diplomatik di Aula Istana Negara pada pukul 10.35 WIB.

Kemudian pada pukul 11.30 WIB, Paus Fransiskus melakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesus (Society of Jesus) di Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

Paus Fransiskus mendatangi Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga, Jakarta. Pemimpin Gereja Katolik ini bakal bertemu dengan bertemu dengan para uskup, imam, suster, diakon, seminaris hingga katekis.

Setelah ke Katedral, Paus Fransiskus akan bertemu para pemuda dari Scholas Occurantes di Youth Center Graha Pemuda Senayan pada pukul 17.35 WIB. Adapun kunjungan apostolik ini dilaksanakan sejak Selasa, 3 September hingga Jumat, 6 September.

Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus dalam rangkaian kunjungannya di Asia-Pasifik. Ini merupakan kunjungan Paus ke RI yang pertama sejak 35 tahun kunjungan Paus Yohanes Paulus II pada 1989.