Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut hangat kedatangan Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus di Jakarta, Hari Rabu.

Tiba dengan kendaraan Kijang Innova Zenix, Paus disambut hangat oleh Presiden Jokowi. Keduanya kemudian mengikuti upacara penyambutan. Lagu kebangsaan Vatikan dan Indonesia Raya kemudian diperdengarkan, seperti dilihati tayangan langsung YouTube Channel Sekretariat Presiden, Rabu 4 September.

Usai upacara singkat, Presiden Jokowi dan Paus Fransiskus menerima penghormatan dari defile pasukan upacara.

Setelahnya, kedua pemimpin memasuki ruang dalam Istana. Paus pun kemudian mengisi buku tamu

Presiden Jokowi kemudian mengajak Paus Fransiskus ke veranda Istana untuk melakukan pembicaraan membahas sejumlah hal. Keduanya didampingi oleh Menlu Vatikan Kardinal Pietro Parolin dan Menlu RI Retno Marsudi.

Diketahui, selain bertemu Presiden Jokowi di Istana, Paus Fransiskus hari ini juga memiliki sejumlah agenda lainnya.

Pada pukul 11.30 WIB, Paus Fransiskus akan bertemu dengan anggota Serikat Jesus (Society of Jesus) di Kantor Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta. Jesuit adalah ordo religius Katolik Roma yang berperan dalam bidang pendidikan, misi, dan amal.

Pada sore hari, sekitar pukul 16.30 WIB, Paus akan mengadakan pertemuan dengan para uskup, diakon, imam, seminaris, katekis, dan pelaku hidup bakti di Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga, Jakarta. Paus juga dijadwalkan bertemu dengan kaum muda dari Scholas Occurrentes di Youth Center Graha Pemuda Senayan.