Bagikan:

YOGYAKARTA –  Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus akan berkunjung ke beberapa negara yakni Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura. Dalam kunjungannya di Indonesia, Istana Merdeka jadi salah satu tempat yang masuk ke dalam daftar tempat yang akan dikunjungi Paus Fransiskus.

Daftar Tempat yang Akan Dikunjungi Paus Fransiskus

Jadwal kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia sendiri akan dimulai pada 3 hingga 6 September 2024. Berikut ini rincian jadwal dan tempat yang akan dikunjungi Paus Fransiskus.

  1. Sampai di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa, 3 September 2024

Paus Fransiskus dijadwalkan akan meninggalkan Bandar Udara (Bandara) Internasional Fiumicino Roma menuju ke Indonesia pada 2 September 2024 pukul 17.15 waktu Roma. Diperkirakan Paus Fransiskus akan sampai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang pada tanggal 3 September 2024 sekitar pukul 11.30 WIB.

  1. Rabu, 4 September 2024

Di tanggal 4 September, Paus berencana menggelar pertemuan dengan beberapa tokoh di beberapa tempat. Berikut ini jadwal lengkap Paus Fransiskus di Indonesia secara rinci.

  • Istana Merdeka

Paus Fransiskus rencananya akan berkunjung ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 4 September 2024. Pertemuan akan digelar di Istana Merdeka pada pukul 10.00 WIB. Di momen ini, Paus akan bertemu Presiden dan sejumlah pejabat pemerintahan, korps diplomatik, tokoh masyarakat, dan masyarakat sipil.

Paus Fransiskus menerima karagan bunga dari anak Indoensia yang berbusana adat Papua. (INDONESIA PAPAL VISIT COMMITTEE)
Paus Fransiskus menerima karangan bunga dari anak Indonesia yang berbusana adat. (INDONESIA PAPAL VISIT COMMITTEE)
  • Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta

Di hari yang sama, Paus akan menggelar pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesuit di Apostolic Nunciantura. Pertemuan tersebut akan digelar sekitar pukul 11.30 WIB di Apostolic Nunciantura kantor Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

  • Gereja Katedral Jakarta

Lalu sekitar pukul 16.30 WIB, Paus Fransiskus akan berkunjung ke Gereja Maria Diangkat ke Surga, Gereja Katedral Jakarta untuk menggelar pertemuan bersama para uskup, imam, diakon, biarawan-biarawati, seminaris, dan katekis.

  • Youth Center Graha Pemuda Senayan

Tak berselang lama, Paus akan bertemu Kaum muda dari Scholas Occurantes sekitar pukul 17.35 WIB. Pertemuan tersebut akan digelar di Youth Center Graha Pemuda Senayan.

  1. Kamis, 5 September 2024

Di tanggal 5 September, Paus akan mengunjungi beberapa tempat salah satunya Masjid Istiqlal Jakarta. Berikut ini rinciannya.

  • Masjid Istiqlal Jakarta

Paus Fransiskus berencana mengunjungi Masjid Istiqlal Jakarta sekitar pukul 09.00 WIB. Pertemuan ini dilakukan dalam acara interreligious meeting atau pertemuan bersama tokoh antaragama.

  • Konferensi Waligereja Indonesia (KWI)

Setelah itu Paus akan menggelar pertemuan dengan para penerima manfaat organisasi amal. Pertemuan akan digelar di kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

  • Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta

Pada sore hari sekitar pukul 17.00 WIB, Paus rencananya akan menggelar misa akbar yang akan diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta. Acara ini akan dihadiri oleh puluhan ribu umat Katolik yang ada di Indonesia.

  1. Jumat, 6 September 2024

Paus Fransiskus rencananya akan meninggalkan Jakarta pada hari Jumat, 6 September 2024 menuju Port Moresby, Papua Nugini. Keberangkatannya akan dilakukan pada pukul 09.45 WIB dengan pesawat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Itulah beberapa daftar tempat yang akan dikunjungi Paus Fransiskus. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.id.