Solo Zona Hijau COVID-19, Mas Gibran: Cape Ulang Dari Nol Lagi, Sabar Jangan Mudik!
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Foto: Twitter @PEMKOT_SOLO)

Bagikan:

SOLO - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta masyarakat menahan diri agar tidak melakukan mudik saat lebaran tahun ini. Hal ini untuk mencegah penularan COVID-19 di tengah keluarga atau masyarakat sekitar.

Sebagai bukti keseriusan, Gibran telah memerintahkan aparatur sipil negara di Pemkot Solo agar tidak melakukan mudik.

"Saya tekankan juga untuk PNS agar tidak mudik. Kita menahan diri, biar kita tuh cepat kembali dan pulih dari pandemi, itu saja," jelas Gibran  di rumah dinas Loji Gandrung, Minggu, 28 Maret kemarin.

Gibran mengakui, banyak masyarakat yang protes kebijakan pemerintah pusat ini. Namun sekali lagi, bila kasus COVID kembali tinggi, maka yang repot tentu masyarakat juga.

Lagipula, Solo kini masuk dalam zona hijau. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini tidak ingin mengulang kembali 'kesibukan' mengatasi penyebaran COVID.

"Vaksinasi sudah dikebut, anak-anak sekolah sudah siap masuk. Nanti kalau mudik kita kan tidak tahu nanti yang datang itu keadaan kesehatannya seperti apa," 

"Grafik COVID juga sudah landai, sudah membaik, rumah sakit sudah mulai kosong. Ini kalau ada acara-acara mudik lagi kita tidak ingin seperti itu. Kita tidak ingin besok mudik kita ngulangin lagi dari nol, cape!

Gibran meminta pengertian dan kesabaran masyarakat untuk sekali lagi tidak mudik dan membawa virus ke Solo. "Saya mohon sekali lagi tahun ini kita menahan diri dulu untuk tidak mudik," terang Gibran.