Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia sukses menggelar Wow Indonesia! Festival 2024 di Pennsylvania Avenue, Washington D.C., Amerika Serikat, pada 22-26 Agustus 2024. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi hadir untuk memberikan dukungan penuh kepada acara yang merayakan HUT ke-79 Republik Indonesia dan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Amerika Serikat.

Retno Marsudi mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam terselenggaranya acara ini, yang bertujuan mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat. “Saya berada di Wow Indonesia! Festival untuk merayakan 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat. Terima kasih kepada Artha Graha Group yang ikut menyukseskan acara ini, mendekatkan Indonesia dan Amerika Serikat baik dari sisi people to people maupun bisnis. Terima kasih,” ujar Retno Marsudi dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Selasa, 27 Agustus.

Festival ini mencakup beberapa kegiatan utama seperti Knowledge Forum, festival seni budaya, dan Business Forum. Knowledge Forum yang diadakan pada 22 Agustus oleh World Bank Group mengangkat topik mengenai perkembangan ekonomi Indonesia, dengan fokus khusus pada ekonomi hijau.

Warga lokal juga antusias menghadiri Wow Indonesia! Festival 2024. (IST)
Warga lokal juga antusias menghadiri Wow Indonesia! Festival 2024. (IST)

Pada 25 Agustus, festival seni budaya menampilkan berbagai kegiatan menarik seperti fashion show dan penampilan artis-artis berbakat asal Indonesia, seperti Warren Hue, Andien, dan Stephanie Poetri. Puncak acara ditutup dengan Business Forum pada 26 Agustus, yang mengusung tema "Meningkatkan Hubungan Ekonomi Indonesia-Amerika Serikat di Bawah Kemitraan Strategis Komprehensif."

Artha Graha Peduli (AGP) dan Artha Graha Network (AGN) berpartisipasi aktif dalam acara ini sebagai bentuk komitmen untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 dan memperingati 75 tahun Persahabatan Diplomatik Indonesia-Amerika Serikat. Partisipasi mereka mencerminkan hubungan yang erat antara kedua negara sejak Amerika Serikat mengakui kemerdekaan Indonesia pada 1949. Selama bertahun-tahun, hubungan diplomatik ini terus berkembang di berbagai bidang, termasuk politik, ekonomi, dan penanggulangan terorisme.

“Kami merasa terhormat dapat berpartisipasi dalam Wow Indonesia! Festival 2024. Kami berharap kerjasama bilateral ini akan terus menguat, menjaga keberagaman, demokrasi, dan kemakmuran kedua negara. Acara ini tidak hanya memperkenalkan pariwisata Indonesia, tetapi juga menumbuhkan semangat cinta tanah air,” ujar Kent Dixon, Ketua Acara Artha Graha Network - WOW Indonesia.

Melalui pameran di Wow Indonesia! Festival 2024, AGP dan AGN, bersama unit usaha lainnya seperti Tambling Wildlife Nature Conservation, Bank Artha Graha Internasional, Hotel Borobudur Jakarta, dan Electronic City, memperkenalkan program konservasi dan keberlanjutan mereka. Salah satunya adalah Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC), yang menampilkan upaya konservasi harimau Sumatera dan hutan mangrove, sebagai bagian dari komitmen mereka terhadap lingkungan. Selain itu, mereka juga mempromosikan pariwisata Indonesia dengan menawarkan paket menarik ke destinasi populer seperti Jakarta, Pulau Pantara, dan Bali.

Selain Retno Marsudi, acara ini juga dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Hendarta, dan Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio.