Bagikan:

JAKARTA - Polda Metro Jaya mengerahkan 1.089 personel dalam skema pengamanan aksi unjuk rasa, hari ini. Ribuan personel itu akan disiagakan di empat titik.

Unjuk rasa yang akan berlangsung berkaitan dengan aksi mengawal Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"Pengamanan unjuk rasa di wilayah hukum Polda Metro Jaya sebanyak 1.089 personel," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi dalam keterangannya, Selasa, 27 Agustus.

Ribuan personel itu akan ditempatkan di Istana Merdeka sebanyak 121 personel, depan Sapta Pesona sekitar 188 personel, Silanv Monas Barat Daya sebanyak 55 personel, dan depan Gedung DPR/MPR sekitar 725 personel.

Sementara mengenai rekayasa arus lalu lintas, Ade menyebut bersifat situasional. Artinya, akan diterapkan jika terjadi eskalasi massa akssi.

"Apabila jumlah masa dan eskalasi meningkat maka diadakan penutupan jalan, apabila sebaliknya lalu lintas normal seperti biasa," sebutnya.

Di sisi lain, masyarakat yang akan terlibat aksi unjuk rasa diminta tetap mengikuti aturan yang berlaku. Sehingga, kegiatan penyampaian pendapat tersebut berjalan aman dan damai.

"Silahkan sampaikan aspirasi secara sejuk dan damai, tidak ada ujaran kebencian dan provokatif yang dapat mengganggu stabilitas kamtibmas," kata Ade.