Bagikan:

JAKARTA – Dukungan PDI Perjuangan kepada Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024 disebut masih menjadi tanda tanya meski Anies sudah sowan dengan DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta.

Sebab, Megawati Soekarnoputri merupakan seorang figur ketua partai politik yang selalu mengutamakan kadernya untuk maju dalam kontestasi pemilu. Karena itu, Anies dianggap perlu menemui Megawati secara langsung untuk membicarakan peluang dukungan PDIP di Pilkada Jakarta.

“Kenapa saya katakan belum tentu Anies? Perlu diingat, Bu Mega merupakan sosok yang selalu mengutamakan kadernya. Kalah pun tidak masalah, jadi sepertinya Bu Mega ingin Anies sowan terlebih dahulu agar bisa diusung oleh PDI Perjuangan,” terang pengamat politik, Hendri Satrio, Minggu 25 Agustus 2024.

Menurut dia, Anies bisa berkaca dari situasi Edy Rahmayadi di Pilkada Sumatera Utara, dimana gubernur petahana itu diusung PDI Perjuangan usai memutuskan bergabung sebagai kader parpol pimpinan Megawati tersebut.

“Edy langsung bergabung menjadi kader, sehingga rekomendasinya cepat turun. Jika Anies ingin diusung, mungkin bisa melakukan hal yang sama,” tambah Hensat.

Pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI ini mengungkapkan, peluang PDI Perjuangan untuk mengusung kader sendiri dalam Pilkada Jakarta masih sangat besar. pasalnya, mereka memiliki sejumlah kader yang bisa diperhitungkan dalam Pilkada Jakarta.

“Ada Basuki Tjahaja Purnama, ada Rano Karno, bahkan desas-desus internal menyebut nama Menteri PAN/RB Azwar Anas,” ujar Hensat.